INTERNATIONAL SEMINAR JOGJA EARTHQUAKE IN REFLECTION (JER) 24-26 MAY 2016

  • Selasa 24 Mei 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1397
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Seminar Internasional Yogya earthquake refleksion (JER) 2016 digelar di Hotel Inna Garuda pada hari Selasa dan Rabu tanggal 24 dan 25 Mei 2016. Hadir pada acara tersebut Wakil dari Pemda DIY Bapak Eko Sulistyo mewakili Bapak Gubernur DIY, Ketua BMKG Bapak Dr.Andi Eka Sakya, M..Eng,  para nara sumber, para pejabat teras Pemda DIY, para dosen Jurusan Teknik Geologi dan peserta seminar.

Acara seminar dibuka oleh Rektor UPNVY Prof.Dr. Sari Bahagiarti K. M.Sc dengan ditandai pemukulan gong, kemujdian dilanjutkan oleh laporan ketua panitia Bapak Dr. Ir. C. Prasetyadi, MT.

Dalam sambutannya ketua panitia C Prasetyadi mengatakan bahwa daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki sejarah panjang kebencanaan sejak sebelum jaman Mataram Kuno hingga sekarang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya candi-candi terpendam dan atau situs-situs purbakala yang ditemukan sebagai reruntuhan. Salah satu bencana besar yang pernah melanda DIY adalah gempa bumi tahun 2006.

Sebagai perwujudan komitmen untuk menjadi Kampus Perduli Bencana (KPB), UPN “Veteran” Yogyakarta memandang perlu bekerja sama dengan Pemerintah DIY dalam meningkatkan ketangguhan masyarakat menghadapi bencana, dengan menggelar rangkaian kegiatan Refleksi 10 tahun Gempa Yogyakarta 2006. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain napak tilas Gempa Yogya yang dihadiri oleh Sri Sultan HB X tanggal 9 April 2016, lomba poster edukasi kebencanaan dan karya tulis bagi mahasiswa di seluruh Indonesia dan Seminar Internasional yang dilaksanakan pada 24-26 Mei 2016 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.

Ketua panitia Dr. C. Prasetyadi, Ketua Prodi S2 Magister Teknik Geologi UPNVY, menyampaikan bahwa Seminar internasional Jogja Earthquake in Reflection (JER) melibatkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu yang akan melakukan refleksi tentang bencana gempa khususnya yang pernah terjadi di Yogyakarta dan sekitarnya pada tanggal 27 Mei 2006.  Acara Seminar Internasional diawali dengan Welcome Dinner pada 23 Mei 2016 yang dilaksanakan di Gedung Rektorat UPN “Veteran” Yogyakarta. Pembicara kunci pada seminar ini adalah Sri Sultan HB X, Kepala BMKG, Kepala BNPB, Prof. Dr. Ron A. Harris dari Brigham Young University, USA; Prof. Dr. Yoshimitsu Shiozaki dari Ritsumeikan University,Japan; Prof. Jian-Hong Wu, Ph.D. dari Department of Civil Engineering National Cheng Kung University, Taiwan. Seminar ini diikuti peserta dari berbagai negara dan dari berbagai wilayah di Indonesia.