JALUR MASUK UPN “VETERAN” YOGYAKARTA 2020

  • Jumat 24 Januari 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2666
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Jalur masuk penerimaan mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) tahun 2020 tidak hanya melalui Seleksi Nasional Masuk PerguruanTinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melainkan ada lagi yaitu jalur Seleksi Mandiri (SM). Seleksi Mandiri UPNVY merupakan jalur masuk yang digelar oleh UPN “Veteran” Yogyakarta dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

Seleksi Mandiri UPNVY merupakan jalur masuk UPNVY yang diselenggarakan oleh UPNVY untuk Program Diploma dan Program Sarjana. Bagi peserta yang ingin mendaftar di UPNVY tahun 2020, dapat melihat info lengkap di laman www.pmb.upnyk.ac.id

Dr. Hendro Wijanarko, M.Si selaku ketua penerimaan mahasiswa baru mengatakan bahwa pembukaan pendaftaran Seleksi Mandiri Program Sarjana (S1) tahun 2020 akan dibuka mulai tanggal 21 Mei – 3 Juli 2020. Ujian akan digelar tanggal 21 Juli 2020 dan hasil pengumuman tes SM UPNVY Program Sarjana akan diumumkan tanggal 31 Juli 2020. Sistem ujian tes SM UPNVY Program Sarjana menggunakan sistem Ujian Tes Berbasis Cetak (UTBC).

Hendro menambahkan UPNVY akan menggelar ujian tes SM UPNVY tahun 2020 Program Sarjana di 8 lokasi yaitu Yogyakarta, Purwokerto, Jakarta, Bontang, Balikpapan, Banjarmasin, Pekanbaru Riau dan Madiun. Pelaksanaan ujian SM Program Sarjana dilakukan serentak di sejumlah kota di Indonesia, sehingga siapapun yang ingin masuk ke UPNVY dapat mengikuti tes SM UPNVY jalur sarjana tanpa harus datang ke kampus UPNVY,” tambahnya.

“Daya tampung penerimaan mahasiswa baru UPNVY tahun ajaran 2019/2020 total keseluruhan 3.545 kursi. Sebanyak 709 kursi dari jalur SNMPTN, 1.772 kursi dari jalur SBMPTN dan 1.064 kursi jalur SM,” tambah Hendro.

Dalam kesempatan yang sama Markus Kusnardijanto, S.Sos selaku Kasubag Humas dan Kerjasama mengatakan penerimaan mahasiswa baru tidak hanya dari Program Sarjana, tetapi UPNVY juga membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Program Diploma (D3). Seleksi Mandiri Program Diploma (D3) di UPNVY hanya ada satu yaitu program studi D3 Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri. Daya tampung D3 Teknik Kimia UPNVY tahun 2020 hanya sebanyak 90 kursi.

Markus menambahkan sistem ujian dari Program D3 Teknik Kimia menggunakan sistem Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran program Diploma D3 Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta dibuka tanggal 6 Juli – 23 Juli 2020. Ujian UTBK digelar tanggal 26 Juli 2020. Sedangkan hasil pengumuman tes UTBK Program Diploma UPNVY akan diumumkan tanggal 30 Juli 2020.

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru Program Diploma dan Program Sarjana dapat dilihat di laman www.pmb.upnyk.ac.id atau di istagram upnvy. Humas/Dewi