Kuliah Umum Bela Negara oleh Dirjen Pothan Kemhan RI

  • Kamis 18 September 2014 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2375
  • 2 Menit membaca

Untuk memupuk  rasa  cinta tanah air dan kesadaran akan bela negara  telah berlangsung kuliah umum   tentang bela negara  oleh Bapak Dr. Ir. Timbul Siahaan. MT  Dirjen Pothan Kemhan RI di ruang seminar Gedung Nyi Ageng Serang hari kamis 18 September 2014 .

            Acara kuliah umum tersebut dihadiri oleh sekitar 145 mahasiswa baru dari Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Tema kuliah umum adalah “Bela Negara dalam sistem Pertahanan Negara”.  Dalam uraiannya Dr. Ir. Timbul Siahaan.MT mengatakan  bahwa keutuhan wilayah NKRI tidak hanya menjadi tugas Tentara Indonesia saja, namun  perlu adanya kerjasama  berbagai instansi dan golongan di luar TNI.

            Untuk keperluan Bela Negara tersebut para generasi muda khusunya mahasiswa wajib  memahami tentang arti pentingnya bela negara bagi keselamatan NKRI. Dalam hal ini ada tiga komponen  yang harus dibela yaitu kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan Bangsa dari segala macam ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat merongrong keutuhan NKRI.

            Lebih lanjut Dirjen Pothan mengatakan bahwa saat ini ancaman dari nir militer masih cukup tinggi, baik dalam bentuk agitasi, terorisme dan cyber crime. Oleh karena itu kita menerapkan Bela Negara dalam sistem pertahanan rakyat semesta. Dalam hal ini TNI sebagai komponen utama dalam system pertahanan Negara dibantu oleh komponen  cadangan dan komponen pendukung  yang terdiri dari  rakyat terlatih maupun potensi seluruh rakyat Indonesia.

            Untuk keperluan bela negara para mahasiswa  harus dapat memahami nilai-nilai dasar bela negara antara lain. rasa cinta tanah air, rela berkorban, yakin akan Pancasila  dan UUD 1945,  serta memupuk kesadaran  berbangsa dan bernegara.

            Adapun sifat yang harus dikembangkan oleh para mahasiswa antara lain bijaksana, rela berkorban, peduli social, berani, jujur, disiplin, negarawan, dan jemput bola .