Mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta Berinovasi Ciptakan Limbah Jerami Jadi Pelet Briket Biomassa

  • Kamis 01 Februari 2024 , 11:58
  • Oleh : Dewi
  • 611
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK- Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) terus mengukir prestasi kreatif di bidang pengolahan limbah. Kali ini, mereka berhasil menciptakan solusi inovatif dengan mengubah limbah jerami menjadi pelet briket biomassa yang bernilai ekonomis.

Tim mahasiswa yang terdiri dari Kalya Dinda Az-Zahra, Raisa Wahyu Saputri, dan Melati Surya Gupita berhasil menciptakan produk bernama "Ryzket" melalui mini eksperimen dalam mata kuliah Kimia Fisika. Ryzket merupakan hasil pengembangan dari limbah jerami menjadi pelet briket yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T selaku  pembina tim menyampaikan bahwa gagasan ide tidak hanya sebatas tugas mata kuliah, tetapi Tim Ryzket mencari kesempatan untuk mengembangkan produk dengan mengikutsertakan tim dalam Lomba Students Entrepreneurship Competition (SEC) 2024.

“ Alhamdulillah Tim Ryzket melalui tahap seleksi video bisnis berhasil terpilih sebagai salah satu peserta final. Dalam presentasinya, mereka mampu menunjukkan potensi produk Ryzket dengan baik melalui presentasi berbasis PowerPoint dan pameran produk di stan yang disediakan oleh rumah BUMN Gunung Kidul,” terang Heri selaku dosen Pembina.

Heri menambahkan dalam kompetisi yang diadakan di Gunung Kidul, mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta berhasil mengungguli peserta dari perguruan tinggi ternama di seluruh Indonesia dan meraih Juara 1. Keberhasilan ini tak lepas dari ide bisnis yang inovatif, implementasi yang kuat, serta keahlian dalam editing video, public speaking, dan penjualan yang dimiliki oleh tim Ryzket.

Keberhasilan ini tidak hanya menyumbangkan prestasi bagi mahasiswa UPN Veteran, tetapi juga memberikan dampak positif dalam pengelolaan limbah jerami menjadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Produk Ryzket dapat memberikan kontribusi dalam pengurangan limbah dan pemanfaatan energi terbarukan.

Wakil Rektor Bidang KKSP UPNYK, Dr. Singgih Saptono, MT, IPM, ASEAN Eng menyampaikan kebanggaannya atas prestasi ini. Beliau mendorong mahasiswa untuk terus berkarya dan memberikan solusi inovatif dalam berbagai bidang.

“ Prestasi ini semoga menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berinovasi dan menciptakan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan lingkungan. Dengan semangat kewirausahaan dan kepedulian terhadap lingkungan, diharapkan akan lahir lebih banyak lagi inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan planet ini,” terang Warek KKSP UPNYK.