MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA RAIH JUARA 3 SHELTER UNICOVS#4

  • Senin 11 Juli 2022 , 02:11 PM
  • Oleh : Dewi
  • 773
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Tim KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi Shelter UNICOVS#4. Anggota tim terdiri dari dua orang yakni, Hasna Khairunnisa (Teknik Lingkungan 2020) dan Mustika Ramadhani C. (Teknik Industri 2020).

UNY National Competitions of Volunteer Skills (UNICOVS) #4 merupakan ajang kompetisi keterampilan KSR perguruan tinggi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UNY. Pada tahun ini, UNICOVS#4 mengangkat tema “Relawan Peduli Sesama, Bersama Hadapi Bencana.” Terdapat beberapa kategori lomba dalam pelaksanaan UNICOVS#4 seperti Shelter, Video Pertolongan Pertama, dan Praktik Mengajar PMR.

Adapun kategori lomba yang berhasil dimenangkan oleh Hasna dan Mustika adalah kategori Shelter. Dalam perlombaan Shelter, peserta diminta untuk menganalisis dan membuat layout barak pengungsian sementara untuk menampung korban bencana dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan tempat berlindung yang dapat dibuat secara cepat.

Hasna pun menceritakan terkait gambaran perlombaan yang dimenangkannya. “Sistem lomba shelternya itu sendiri kami diberikan soal dari juri dan panitia lomba dimana nantinya kami harus membuat layout dan analisis untuk penampungan sementara dari para korban bencana di suatu daerah,” ujar Hasna.

Ia kemudian menambahkan, “Alhamdulillahnya karya yang kami buat masuk 10 besar. Lalu dari 10 besar tersebut masih dilakukan penilaian untuk pemenang lombanya. Penilaiannya dilakukan dengan presentasi menerangkan hasil layout dan analisis karya yang telah dibuat di depan para juri. Dan alhamdulillah lagi saat pengumuman pemenang lomba, kami mendapatkan juara 3.”

Ketika dinyatakan sebagai juara, Hasna dan Mustika mengaku sempat terkejut dan merasa sangat berterima kasih kepada berbagai pihak. “Awalnya tidak menyangka karena mengingat lawan-lawan yang mengikuti lomba dari KSR Universitas lain juga banyak dan bagus-bagus. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kakak tingkat saya yang telah memberikan ilmunya dan mendampingi kami selama lomba. Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih pula kepada teman-teman yang selalu mendukung saya dan Mustika,” ungkap Hasna.

Terakhir, kedua anggota tim tersebut berharap agar ke depannya akan KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta bisa lebih maju lagi. “Harapan saya kedepannya semoga lebih banyak kesempatan untuk saya dan teman-teman yang lain bisa mengikuti lomba serta bisa mempertahankannya, bahkan bisa lebih meningkatkan lagi untuk lomba ke depannya. Semoga KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta juga akan lebih maju lagi untuk ke depannya.”

Previous Next