Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Sukses Gelar JAMINIFEST 2016

  • Senin 06 Juni 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1697
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Indonesia memang sudah banyak dikenal dengan beragam budaya di dalamnya. Dari Sabang hingga Merauke memiliki budaya dengan keunikannya masing-masing. Hal ini yang menggugah sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta untuk membentuk suatu festival kebudayaan  yang bertajuk Jogja Mini Indonesia Festival (JAMINIFEST) 2016. JAMINIFEST 2016 yang diketuai oleh Akmal Musyadat ini digelar selama 2 hari di Lippo Plaza Jogja.

Hari pertama JAMINIFEST 2016 dimeriahkan dengan performa kesepuluh kelompok peserta lomba tari tradisional kreasi baru. Perlombaan berlangsung sangat meriah dan seru. Para juri di hari pertama seperti penari kawakan Mila Rosinta dan Mega Lestari pun antusias karena turut menjadi bagian dari JAMINIFEST 2016. Dari penilaian para juri, akhirnya didapatkan 5 kelompok peserta lomba tari yang berhak masuk ke babak Final di hari kedua. Mereka adalah Abib Igal, Naraya Dancer, Lima Anak Panah, ISBI, dan Lab Dance.

Antusiasme penonton di hari kedua JAMINIFEST 2016 ternyata tidak kalah dengan hari sebelumnya. Pada hari kedua memang ada penampilan spesial yang sudah disiapkan oleh para mahasiswa konsetrasi Public Relations ini. “Selain pengumuman juara, di akhir acara akan ada performance akbar dari Bude Yati Pesek dan Sanggar Kinanti Sekar yang akan berkolaborasi dengan para penari dari berbagai daerah lainnya”, ujar Cecilia selaku panitia JAMINIFEST 2016.

Kelima grand finalis bersaing cukup sengit hingga akhirnya dewan juri memutuskan ketiga kelompok yang berhak menjadi juara. Juara 1 diraih oleh Abib Igal, Juara 2 Naraya Dancer, dan Juara 3 adalah Lab Dance. Acara juga ditutup dengan apik oleh para performer yang mengundang decak kagum para penonton.

“Saya senang dan salut dengan anak-anak UPN yang masih peduli dan mau membangkitkan kebudayaan negara kita sendiri yang mulai banyak tersisihkan. Selama ini kita melihat budaya masing-masing daerah saja, tapi di acara ini kita bisa melihat keberagaman budaya Indonesia menjadi satu”, ujar Yati Pesek setelah tampil di acara JAMINIFEST 2016.

Event ini merupakan tugas mata kuliah Marketing Public Relations yang diampu oleh Dr. Puji Lestari,SIP,M.Si.  Target peserta mata kuliah ini mahasiswa memiliki kompetensi merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program secara riil, menggandeng suatu perusahaan atau instansi tertentu agar dapat menyelenggarakan event bersama. Setelah itu mahasiswa wajib menulis publikasi di media massa. Semua ini bertujuan agar ketika mahasiswa lulus mereka siap kerja dan sudah kompeten melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan marketing dan public relations, ujar dosen pengampu mata kuliah ini.