Mahasiswi UPNYK Raih Medali Perak dalam Kompetisi Kempo Nasional

  • Kamis 12 Oktober 2023 , 11:38
  • Oleh : Dewi
  • 905
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Anindya (Podium 2) mahasiswi UPNYK saat pengumuman juara kompetisi Shorinji Kempo kategori Randori P

INFOUPNYK-Mahasiswi UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK), Anindya Aurellia Salma keluar sebagai juara 2 pada kompetisi nasional Shorinji Kempo kategori Randori Putri 65kg. Raihan tersebut diperoleh pada Kejuaraan Invitasi Cabang Olahraga Mahasiswa 2023 yang digelar pada 29 September-1 Oktober 2023 di GOR Universitas Negeri Jakarta.

Pada kompetisi yang dilaksanakan dua tahun sekali tersebut, Anindya anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kempo UPNYK berhasil menunjukan performa terbaik yang mampu mengantarnya ke putaran final melawan kontingen dari Universitas Gadjah Mada. Anindya mengaku hal tersebut berhasil ia raih berkat latihan rutin yang ia jalani setiap harinya.

"Untuk persiapannya sendiri memang rutin melakukan latihan fisik setiap pagi, jadi bangun tidur kemudian sholat lalu latihan," ucapnya.

Mahasiswi Prodi Teknik Informatika tersebut juga menambahkan bahwa menjelang kompetisi persiapannya banyak dibantu oleh UKM Kempo UPNYK, baik secara fisik maupun secara administrasi.

"Secara persiapan memang singkat untuk menjelang kompetisi dan banyak support dari UKM Kempo untuk persiapannya termasuk latihan itu rutin setiap hari kemudian dibantu untuk audiensi dengan Binwa UPNYK juga," ujar Anindya.

Sebagai mahasiswi baru Anindya menyampaikan harapannya untuk para mahasiswa UPNYK agar lebih sering menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang positif, terlebih lagi yang bisa menjadi prestasi bagi mahasiswa itu sendiri.

"Untuk teman-teman yang lain juga bisa coba untuk menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif, dengan menekuni hal-hal yang positif juga bisa mengantarkan kita untuk berprestasi," pungkasnya.

Azzahra Angger Kusumasari selaku Ketua UKM Kempo UPNYK mengatakan tidak ada persiapan yang spesial menjelang kompetisi, torehan prestasi tersebut murni karena usaha giat serta pengalaman yang dimiliki oleh anggotanya.

"Informasi tentang kompetisi ini kami baru tahu sekitar 3 minggu sebelumnya jadi persiapannya hanya latihan rutin seperti biasa, kebetulan Anindya juga sudah lama menekuni Kempo dan pernah berprestasi juga mewakili Kabupatennya saat SMA," ucap Mahasiswi yang juga akrab disapa Rara itu.

Rara juga menyampaikan agar bisa seperti Anindya tentu butuh waktu dan bukan pencapaian yang instan sehingga dibutuhkan ketekunan dan jangan pernah takut untuk gagal dalam prosesnya.

"Tentu saja butuh ketekunan dan keuletan tersendiri untuk bisa berprestasi jadi memang prosesnya panjang dan mungkin banyak kegagalannya juga, yang lebih penting adalah jangan takut gagal dan yakin dengan kemampuan diri sendiri," ujarnya saat wawancara.

Untuk informasi tambahan Kejuaraan Invitasi Cabang Olahraga Mahasiswa 2023 merupakan kompetisi multi-event yang diselenggarakan oleh kerjasama antara Pemerintahan DKI Jakarta, Dispora Provinsi DKI Jakarta dan Bapopsi DKI Jakarta. Kompetisi ini bertujuan untuk pembinaan dan pencarian bibit unggul, khususnya atlet mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi.(dimas)