OPINI MAHASISWA: Diplomasi Publik Indonesia dalam Meraih Kepentingan Nasional di Era Globalisasi

  • Jumat 17 November 2023 , 04:13
  • Oleh : Dewi
  • 4347
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Penulis: Iksan Maulana

Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional UPNYK Angkatan 2021

Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, diplomasi publik menjadi alat ampuh bagi Indonesia dalam menjaga dan mempromosikan kepentingan nasionalnya. Diplomasi publik adalah upaya interaksi pemerintah dengan masyarakat internasional dengan tujuan mempromosikan pengetahuan tentang budaya, sikap negara, kepentingan nasional, dan kebijakan yang diterapkan Indonesia. Ini adalah bagian penting dari politik luar negeri Indonesia.

Dalam dunia yang semakin terbuka dan transparan, diplomasi publik menjadi sangat relevan. Di tengah arus informasi yang cepat dan teknologi komunikasi yang canggih, diplomasi publik memungkinkan Indonesia untuk membagikan warisan budayanya dan kekayaan alamnya dengan dunia. Diplomasi publik memainkan peran penting dalam menjaga citra positif Indonesia di mata masyarakat internasional.

Dalam pelaksanaan diplomasi publik, Indonesia memiliki beberapa jalur pendekatan yang telah terbukti efektif. Salah satunya adalah melalui kerjasama pendidikan. Indonesia telah menjalin kerjasama dengan berbagai negara dalam hal pertukaran pelajar, pemberian beasiswa, dan penelitian bersama. Hal ini tidak hanya membantu memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia, tetapi juga membangun jembatan antara masyarakat kedua negara. Ini adalah contoh nyata bagaimana diplomasi publik memungkinkan pembentukan ikatan erat antara masyarakat yang berbeda.

Selain itu, diplomasi kebudayaan juga menjadi instrumen penting dalam diplomasi publik Indonesia. Indonesia adalah negara multikultural dengan beragam suku, ras, agama, dan budaya. Diplomasi kebudayaan melibatkan kerjasama dalam seni, budaya, pariwisata, dan pertukaran budaya. Melalui promosi budaya Indonesia, Indonesia memperkuat persepsi positif di mata masyarakat internasional. Kemitraan dalam promosi budaya juga melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat umum.

Dalam konteks teknologi, diplomasi publik telah memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Media sosial dan internet memungkinkan Indonesia untuk mencapai audiens global dengan cepat dan efektif. Indonesia telah meluncurkan program bersama dengan Malaysia dalam bentuk program TV yang bertujuan untuk mempromosikan seni dan budaya dari kedua negara. Ini adalah contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung diplomasi publik.

Studi kasus hubungan diplomasi publik antara Indonesia dan Malaysia merupakan contoh nyata bagaimana kerjasama dalam berbagai bidang telah menguatkan hubungan antara kedua negara. Di bidang pendidikan, banyak mahasiswa Indonesia belajar di Malaysia, yang memperkuat hubungan budaya dan akademik antara kedua negara. Di bidang kebudayaan, Indonesia dan Malaysia bekerja sama dalam mempromosikan budaya masing-masing, seperti melalui program "Titian Muhibah." Program ini bertujuan untuk memperkuat persepsi positif di antara masyarakat kedua negara dan menghilangkan konflik budaya yang mungkin timbul.

Dalam konteks teknologi, media sosial dan internet memungkinkan Indonesia dan Malaysia untuk mencapai audiens global dengan cepat. Mereka telah meluncurkan program bersama di televisi nasional kedua negara untuk mempromosikan seni dan budaya mereka. Ini adalah contoh bagaimana teknologi dapat digunakan dalam mendukung diplomasi publik.

Diplomasi publik Indonesia adalah instrumen efektif yang telah membantu Indonesia mempromosikan budaya, seni, pendidikan, dan teknologi secara efisien kepada masyarakat internasional. Ini juga membantu menjaga dan memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia. Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, diplomasi publik adalah salah satu alat yang sangat penting dalam menjaga hubungan internasional yang stabil dan meraih kepentingan nasional tanpa menggunakan kekerasan. Indonesia telah berhasil mengimplementasikan diplomasi publik sebagai alat yang efektif dalam mencapai tujuan nasionalnya di tengah dinamika globalisasi.