PENUTUPAN KLINIK PAJAK, KANWIL DJP DIY APRESIASI RELAWAN PAJAK UPN VETERAN YOGYAKARTA

  • Jumat 01 April 2022 , 11:33
  • Oleh : Dewi
  • 1713
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Pada Kamis (31/03/2022), UPN “Veteran” Yogyakarta melakukan penutupan klinik pajak untuk membantu pelaporan SPT para pegawai di lingkungan UPN. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Akt D1 dengan dihadiri oleh Kanwil DJP (Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sri Luna Murdianingrum, dosen akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta, menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh DJP DIY untuk melaksanakan program relawan pajak. “Saya bersyukur karena kami diberikan kepercayaan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Program ini bisa membantu para dosen maupun tenaga pendidik di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta maupun lingkungan sekitar untuk melakukan pelaporan SPT,” ungkapnya.

Program Pajak ini diupayakan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak serta mendorong implementasi dalam kegiatan perpajakan. Program ini dibantu oleh Relawan Pajak yang berasal dari mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta melalui rekruitmen.

Dalam sambutannya, Ibu Luna juga mengapresiasi para relawan pajak yang telah memberikan bantuan luar biasa dalam pelaporan SPT. “Sudah banyak tadi yang memberikan pujian dari para wajib pajak dan dosen-dosen UPN kepada para relawan pajak. Saya harap, hadirnya relawan pajak ini bisa menjadi ajang untuk mempermudah sehingga para wajib pajak lebih melek pajak dan menyadari betapa pentingnya pajak.”

Senada dengan Bu Luna, Dr. Ir. Singgih Saptono, MT selaku wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerja sama juga ikut mendukung para relawan pajak. “Relawan pajak ini juga salah satu bentuk nyata dari bela negara. Kegiatan ini adalah suatu kontribusi dari anak-anak kita untuk bisa membantu bangsa ini di dalam meningkatkan pendapatan APBN melalui pajak,” jelas Pak Singgih.

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Drs. Sujatmika, M.Si, jumlah relawan pajak dari UPN “Veteran” Yogyakarta saat ini sebanyak 90 orang. Ia berharap, jumlah ini dapat meningkat kedepannya karena program tersebut mampu membantu mahasiswa untuk berkembang.

Menanggapi kegiatan relawan pajak, Perwakilan Kanwil DJP DIY ikut mengapresiasi relawan pajak yang telah membantu pelaporan SPT. “Kami sangat bangga kepada para relawan pajak. Yang namanya relawan itu kan rela, jadi mereka tanpa dibayar mampu untuk membantu asistensi SPT tahunan baik dari wajib pajak maupun dari kalangan pegawai UPN sendiri,” pujinya.

Kanwil DJP juga menyampaikan harapannya mengenai pelaporan wajib pajak khususnya di wilayah DIY suapaya lebih meningkat. “Program ini sudah membantu mneingkatkan kepatuhan wajib pajak. Mungkin sampai saat ini terhitung sudah sekitar 40% yang telah melakukan pelaporan SPT. Kami harap akhir tahun nanti pelaporannya sudah bisa mencapai 100%,” tutupnya.