UPN “Veteran” Yogyakarta Kolaborasi Bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dukung Perbaikan Lingkungan

  • Jumat 01 April 2022 , 10:41
  • Oleh : Dewi
  • 2082
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Pangea UPN “Veteran” Yogyakarta melalui kegiatan Earth Day Project 2022 melakukan upaya perbaikan lingkungan. Hal ini dilakukan dengan penanaman pohon serta pembuatan biopori di Taman Teknik Geologi, Sabtu (26/3/2022) lalu.  Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Pangea peduli bumi merupakan serangkaian acara dari Earth Day Project. Dalam kegiatan ini dilakukan pembagian 500 bibit pohon kepada mahasiswa Teknik Geologi. Acara ini diawali dari penanaman oleh Ketua Jurusan Teknik Geologi UPNV, yakni Bapak Jatmiko Setiawan,” jelas salah satu panitia acara, Arriel Hilmar Febriano.

Mahasiswa Angkatan 2020 tersebut menjelaskan bahwa pembagian bibit ini bertujuan mengajak setiap individu di internal Jurusan Teknik Geologi untuk menanam bibit pohon kembali. Di samping itu, terdapat pemasangan 12 biopori baru dan perbaikan pada biopori yang telah ada sebelumnya.

Biopori sendiri adalah metode yang berfungsi untuk mencegah genangan air. Ini dilakukan dengan membuat lubang secara vertikal ke dalam tanah lalu ditimbun dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik ini nantinya dapat menghidupi fauna tanah dan menciptakan pori-pori.

“Kita sebagai mahasiswa Teknik Geologi erat kaitannya dengan lingkungan itu sendiri. Mulai dari bersantai, pembelajaran perkuliahan, hingga bersosialisasi. Maka dari itu, Taman Geologi ini selayaknya rumah bagi kami,” ungkap Arriel menjelasakan alasan pemilihan lokasi kegiatan di Taman Teknik Geologi.

Perlu diketahui bahwa selain melakukan penanaman pohon serta pembuatan biopori, Earth Day Project 2022 juga membuat kegiatan berwawasan lingkungan lainnya. Mulai dari Webinar mitigasi bencana geologi, kompetisi foto dan poster, hingga pembukaan donasi yang akan disalurkan kepada tenaga kebersihan lingkungan.

Melalui kegiatan ini, Arriel juga turut mengungkapkan harapannya. “Kegiatan ini sejatinya ingin membuat kehidupan jadi lebih baik dan bersih. Semoga esensi dan tujuan di setiap kegiatan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, semoga di tahun-tahun berikutnya acara semacam ini dapat terus terlaksana,” pungkasnya.