PSM Vocalista Paradisso Boyong 2 Piala dan 4 Medali Emas di Ajang 4th International Bandung Choral Festival 2024

  • Rabu 23 Oktober 2024 , 11:34
  • Oleh : Dewi
  • 90
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
PSM Vocalista Paradisso di 4th International Bandung Choral Festival 2024

BANDUNG – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Vocalista Paradisso UPN Veteran Yogyakarta kembali mengukir prestasi gemilang di ajang 4th International Bandung Choral Festival 2024, yang digelar pada 17-20 Oktober 2024 di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Dalam ajang bergengsi tersebut, PSM Vocalista Paradisso berhasil memboyong dua piala serta empat medali emas.

Joseph Hasiano, selaku General Manager PSM Vocalista Paradisso, mengatakan, prestasi tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi kelompok vokal Kampus Bela Negara. Bagaimana tidak? Dalam waktu yang cukup singkat, Vocalista Paradisso tetap memberikan penampilan yang terbaik di panggung tersebut.

“Dengan doa dan dukungan dari para alumni, keluarga, dan kerabat, juga tekad yang kuat dan semangat yang membara dari setiap anggota, seluruh perjuangan membuahkan hasil yang luar biasa,” ujarnya.

Dalam ajang tersebut, PSM Vocalista Paradisso tampil pada empat kategori, yakni Vocal Group, Traditional Spiritual, Folksong, serta Pop & Jazz. Pada kategori Vocal Group, PSM Vocalista Paradisso membawakan lagu berjudul “Pilihlah Aku” dan “?Sir Duke”.

Kemudian, di kategori Traditional Spiritual, mereka membawakan lagu “Daniel, Daniel, Servant of The Lord” dan “Witness”. PSM Vocalista Paradisso berhasil menghipnotis para juri dengan lagu “Kerabban Sape” dan “Sinampura” pada kategori Folksong serta lagu “Kembalikan Baliku” dan “?Sing Sing Sing” pada kategori Pop & Jazz.

Dari penampilan tersebut, PSM Vocalista Paradisso berhasil memboyong beragam prestasi, meliputi:

  1. 1st Winner Gold Medal for Vocal Group Category with final score 87,75 (Qualified to Grand Prix Round).
  2. 1st Winner Gold Medal for Traditional Spiritual Category with final score 85,30 (Qualified to Grand Prix Round).
  3. 3rd Place Gold Medal for Pop & Jazz Category with final score 86,53.
  4. 5th Place Gold Medal for Folksong Category with final score 86,65.

Joseph melanjutkan, keberhasilan di International Bandung Choral Festival 2024 tersebut, membuka babak baru bagi perjalanan PSM Vocalista Paradisso. Mereka bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dan perjuangan sehingga dapat membanggakan almamater kampus UPN Veteran Yogyakarta bahkan bangsa Indonesia.

“Harapannya, ajang ini bisa jadi momentum untuk teman-teman terutama adik-adik berikutnya untuk terus berjuang, terus memberikan segalanya, terus berdoa, dan mengucap syukur,” tambah Joseph.

Dalam kompetisi tersebut, PSM Vocalista Paradisso berhasil menyisihkan peserta lainnya yang tidak terbatas dari kalangan mahasiswa, tetapi juga paduan suara dari berbagai daerah.

PSM Vocalista Paradisso merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kebanggaan UPN Veteran Yogyakarta yang kerap tampil dan mengantongi prestasi di ajang regional dan internasional.

Pada 2023 lalu, PSM Vocalista Paradisso tampil di Taipei International Choral Competition dan membawa pulang tiga medali emas. Di tahun yang sama, PSM Vocalista Paradisso berhasil meraih tiga medali emas dari ajang The 6th Karangturi International Choir Competition di Semarang, Jawa Tengah. Pada September 2024 lalu, PSM Vocalista Paradisso juga memboyong dua medali emas pada ajang 1st Thailand International Choir Festival 2024.

(Kenaya Chiquita, Ulfa)