REKTOR UPN “VETERAN” YOGYAKARTA DI KUKUHKAN SEBAGAI GURU BESAR BIDANG ILMU MANAJEMEN

  • Rabu 30 Maret 2022 , 01:32 PM
  • Oleh : Dewi
  • 806
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Rektor  UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY), Mohammad Irhas Effendy dikukuhkan sebagai guru besar (gubes) bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pengukuhan akan dilaksanakan di auditorium kampus setempat, Rabu (30/3/2022).

 

Predikat gubes ini sangatlah membanggakan Irhas, termasuk keluarganya. Untuk bisa berada di posisi sekarang ini membutuhkan perjuangan yang panjang.

 

Lahir di Sleman, 19 Desember 1962, Irhas sempat mengeyam pendidikan dasarnya di SD Muhammadiyah Klepu, Jawa Tengah pada 1974. Kembali ke Yogyakarta, putera Mahmud Ismail ini melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Yogyakarta pada 1977.

 

Kembali menjadi warga Muhammadiyah, Irhas menghabiskan masa SMA di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta selama tiga tahun hingga lulus pada 1981.

 

Kecintaan Irhas pada UPNVY mulai terlihat saat dia diterima di bidang Ekonomi Perusahaan UPNVY untuk menempuh program Sarjana (S1) pada 1983.

 

Ingin tetap menjadi bagian dari UPNVY, Irhas mendaftar sebagai staf pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada 1988. Dia juga menjabat sebagai Kasi Penelitian dan Pengembangan Fakultas Ekonomi UPNVY dan Kepala Laboratorium Jurusan Akuntansi di fakultas tersebut.

 

Mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan Magister (S2), Irhas pun memilih Ilmu Manajemen di Unair Surabaya pada 1994. Lulus 1996, Irhas kembali melanjutkan program Doktoral (S3) pada 1997. Pada 2001, dia lulus dengan predikat Cumlaude.

 

Setelah lulus dari Unair, suami dari Retno Sawitri ini pun kembali ke UPNVY. Dia mendapatkan kesempatan menjadi Ketua Jurusan Manajemen Fakiulta Ekonomi UPNVY.

 

Karirnya pun semakin berkembang. Tak hanya di UPNVY, bapak dua anak ini juga enjadi staf pengajar Program Magister Manajemen dan Doktor Ilmu Ekonomi du UII sejak 2004 silam hingga saat ini.

 

Sempat menjadi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPNVY pada periode 2005-2014, Irhas terpilih menjadi reviewer  nasional Penelitian Bersertifikat Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Risbang Kemenristekdikti sejak 2003.

 

Menjadi pengurus di organisasi Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DIY pada 2013-2014, Irhas kembali mengabdi di UPNVY sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik pada 2016.

 

Setelah dua tahun menjabat, Irhas terpilih menjadi Rektor UPNVY periode 2018 hingga 2022. Dan kini, dia dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Previous Next