Sebanyak 2.683 Calon Mahasiswa Baru Diterima di UPN Veteran Yogyakarta Lewat Jalur SNBT

  • Rabu 21 Juni 2023 , 08:56
  • Oleh : Dewi
  • 4096
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVYK) menerima sebanyak 2.683 calon mahasiswa baru Program Diploma dan Program Sarjana lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Total pendaftar UPN Veteran Yogyakarta melalui jalur SNBT sebanyak 25.682 calon mahasiswa baru yang  tersebar pada 22 program sarjana dan satu program D3. Hasil seleksi telah diumumkan melalui portal Seleksi  Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Selasa (20/6/2023).

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta Dr. Suharsono, MT menyampaikan berdasarkan keketatan yaitu rasio jumlah pendaftar dengan jumlah diterima, tujuh program studi yang mempunyai ketetatan di bawah 10 % adalah program studi Teknik Pertambangan, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Ilmu Administrasi Bisnis, Sistem Informasi, Teknik Perminyakan,  dan Ilmu Hubungan Internasional, sedangkan program studi dengan keketatan 10% sampai 20%  adalah program studi Hubungan Masyarakat, Agribisnis, Teknik Industri, Teknik Geologi, Ekonomi Pembangunan, Metalurgi, Teknik Lingkungan, Manajemen, Akuntansi, Teknik Geofisika dan Agroteknologi, selanjutnya untuk keketatan 20% sampai 23,15% adalah program studi Ilmu Tanah, Teknik Kimia dan Teknik Geomatika. Secara umum keketatan rata-rata untuk program sarjana di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta sebesar 11,63%, yang secara nasional berada pada urutan 12 dari 75 perguruan tinggi peserta seleksi SNBT.

“Selamat bagi adik-adik yang sudah dinyatakan lolos seleksi menjadi calon mahasiswa UPNVYK. Bagi yang dinyatakan lolos seleksi masih perlu mengikuti tahapan wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juli 2023. Bagi adik-adik yang belum beruntung bisa mencoba mendaftar di UPN “Veteran” Yogyakarta melalui jalur Seleksi Mandiri dengan yang terdiri dari Seleksi berdasarkan Prestasi Wimaya, Seleksi Mandiri berdasarkan Nilai UTBK SNBT dan Seleksi Mandiri berdasarkan kapasitas Bela Negara terang Wakil Rektor Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta.

Ia menambahkan Pembukaan Seleksi Mandiri Jalur Nilai UTBK SNBT dibuka hingga 27 Juni 2023, sedangkan jalur Bela Negara ditutup hingga 3 Juli 2023.

Purwiyanta, M.Si selaku Plt. Kepala Biro Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta menjelaskan bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBT selanjutnya wajib melakukan registrasi melalui laman pmb.upnyk.ac.id

“Bagi calon mahasiswa yang tidak mengikut serangkaian daftar ulang sesuai ketentuan, dinyatakan gugur,” terang Plt. Biro Akademik.

Informasi lengkap daftar ulang silahkan cek laman pmb.upnyk.ac.id