Seminar Nasional Teknik Kimia Kejuangan 2016

  • Jumat 18 Maret 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1509
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

(Sleman).Prodi Teknik Kimia  FTI UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar acara seminar teknik kimia kejuangan 2016 beberapa hari yang lalu (17/3). Seminar ini  merupakan agenda tahunan yang rutin diselenggarakann oleh Prodi Teknik Kimia dan diharapkan sebagai ajang komunikasi bagi para peneliti dari perguruan tinggi, institusi, pendidikan, lembaga penelitian dan industry dalam mengembangkan teknologi teknik kimia. Sebagai keynote speeker adalah Ir.Nilanto Perbowo, M.Sc. Direktur Jenderal Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Seminar dibuka oleh Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Prof.Dr. Sari Bahagiarti K, M.Sc. dengan dihadiri oleh 250 peserta dari berbagai  profesi seperti dosen, mahasiswa , peneliti dan  stakeholder

Pada seminar kali ini dipresentasikan 2  makalah kunci dan 80 makalah presentasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Makalah-makalah tersebut berasal dari beberapa universitas dan lembaga penelitian yang berasal dari wilayah antara lain propinsi DIY, Jawa tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Dari wilayah luar pulau Jawa.

Dalam sambutannya Dekan FTI Dr. Tjukup Marnoto, M.Sc. mengatakan bahwa kebijakan pemerintah era sekarang ini adalah membangun Indonesia  dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa. Seminar Teknik Kimia kejuangan kali ini mengusung tema “Pengembangan Teknologi Kimia untuk pengolahan Sumber Daya Alam “ .Pemilihan tema ini sebagai wujud  nyata kejuangan para ilmuwan dan praktisi Teknik kimia dengan harapan  agar dapat mengambil pesan penting dari makalah-makalah yang disajikan.

Sementara itu Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta dalam sambutannya  mengharapkan bahwa dengan diselenggarakannya seminar ini dapat memberikan sentuhan  terhadap pengembangan industry, karena masih banyak penelitian dosen yang bersifat mikro dan hanya beroreantasi  penelitian fundamental, sehingga belum dapat diaplikasikan  di dunia industry dan belum bersifat komersial. Para ilmuwan masih asyik berkutat dalam dunianya sendiri dan masih terobsesi pada pengembangan hi-tech , produk peneltian belum beroreantasi pada pasar , inovasi baru serta aplikasi nteknologi. Hasil penelitian belum dapat mendorong  investor membiayai komersialisasi hasi-hasil penelitian.

Dalam ceramahnya  Ir.Nilanto Perbowo, M.Sc  membahas tentang peluang pengembangan produk kelautan dan perikanan untuk pengolahan suimber daya alam di Indonesia. Visi nya adalah untuk mewujudkan sector kelautan dan perikanan Indonesia yang kuat dan mandiri berbasis kepentingan nasional. Hal itu ditujukan untuk mengoptimalkan pengelolkaan ruang laut, keanekaragaman hayati dan konservasi laut. Juga  untuk meningkatkan keberlanjutan usaha perikanan tangkap dan budaya, daya saing bangsa dan meningkatkan pengawasan  dan pengelaolaan sumber daya kelautan dan perikanan.