SKBNI UPNVY GELAR PEMERINGKATAN BELA NEGARA

  • Kamis 27 Februari 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1458
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia (SKBNI) UPN “Veteran” Yogyakarta akan menggelar pemeringkatan Bela Negara. Kegiatan ini dilandasi oleh seperangkat aturan, antara lain Instruksi Presiden No 7 tahun 2018 tentang rencana aksi Nasional Bela Negara dan berdasarkan UU RI No 23 th 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan Negara. Pemeringkatan ini akan diikuti  oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini akan di gelar mulai 1 Maret – 31 Agustus 2020. Peserta SKBNI bisa melakukan pendaftaran  di laman www.belanegara.upnyk.ac.id.

Ir. Bambang Wisaksono, MT selaku ketua Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia mengatakan bahwa pemeringkatan ini memperebutkan piala Presiden. Selain itu bagi 5 pemenang dari hasil pemeringkatan SKBNI akan diberikan hadiah berupa piala, dimana penerima akan difasilitasi transport bolak balik.

Ketua SKBNI menambahkan cara pendaftaran yaitu pertama Instansi atau peserta membuka website di laman belanegara.upnyk.ac.id. Kedua peserta memilih menu pendaftaran. Ketiga peserta mengisi identitas secara online. Keempat hasil akan diverifikasi oleh panitia. Kelima peserta login lagi ke laman www.belanegara.ac.id  dengan menggunakan user dan password yang diberikan oleh panitia di email. Keenam peserta mengisi kuesioner.

Pemeringkatan SKBNI akan di nilai oleh para Dewan Yuri berdasarkan indikator, bobot dan nilai yang ditentukan oleh tim panitia. Peserta SKBNI 2020 terdiri dari seluruh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia. Landasan hukum pemeringkatan SKBNI 2020 berlandaskan pada,” tambah Soni panggilan akrabnya.

“Saya berharap dengan adanya pemeringkatan ini dapat mengajak lembaga pendidikan tinggi untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Idiologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara  dan  memiliki kemampuan awal Bela Negara, itulah wujud implementasi Bela Negara,” tambahNya. Humas/dewi