Teknik Geologi UPNVY Kuliah Bersama PT Pama

  • Jumat 22 Februari 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1248
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dan dunia usaha berkomitmen tingkatkan kompetensi atau keterampilan mahasiswa. Komitmen ini sebagai upaya menjawab permasalahn mis match (ketidak sesuaian) antara keterampilan pekerja dengan kebutuhan dunia industri. Salah satu upaya meningkatkan kompetensi pekerja tersebut melalui pemagangan mahasiswa agar siap terjun ke dunia kerja.

Komitmen tersebut dituangkan oleh UPNVY dengan PT Pamapersada Nusantara pada Nota Kesepahaman di bidang pendidikan yang dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

“Dari Nota Kesepahaman ini kami implementasikan ke fakultas dan jurusan yaitu dengan penyelenggaraan kuliah umum. Sudah dua tahun ini kami melaksanakan kuliah umum dengan nara sumber dari PT. Pama.” Kata Ketua Jurusan S1 Teknik Geologi, Dwi Fitri Yunianto, Jumat (22/2).

Fitri menjelaskan, tahun ini Jurusan S1 Teknik Geologi bersama PT Pamapersada Nusantara sudah melaksanakan program pengajaran bertajuk Perencanaan Geologi Pertambangan Batubara.

Materi kuliah dan staf pengajar di desain oleh PT Pamapersada Nusantara yang efektif dilaksanakan mulai semester genap tahun 2019 ini.

Fitri mengatakan, program pengajaran pada hari ini dihadiri oleh  Roberto Dwi Handoko, Operation Division Head PT Pamapersada Nusantara.

“Sejauh ini antusias mahasiswa sangat bagus, karena materi kuliahnya juga pentingvdan menarik. Harapan kami dari kuliah ini dapat mengasilkan lulusan yang mempunyai daya saing di bidang batubara dan bisa menjadi jalur penghubung antara akademisi dan industri.” Kata Fitri.

Selain itu, para mahasiswa dapat melakukan penelitian mapun pelatihan PT Pamapersada Nusantara dalam rangka menyusun skripsi.

PT Pamapersada Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor jasa pertambangan . Perusahaan tersebut tergabung dalam grup Astra Heavy Equipment, Mining and Energy memiliki kompetensi yang diakui melalui sertifikasi nasional dan internasional dalam Manajemen Tambang serta Safety, Health and Environment. Saat ini PT Pamapersada Nusantara membutuhkan banyak lulusan untuk memperkuat tenaga kerja. Untuk itu pihaknya berkomitmen untuk merekrut mahasiswa UPNVY yang memiliki potensi serta dedikasi. (wwj/humas)