UPN Veteran Yogyakarta Buka Pendaftaran Seleksi Mandiri Skema PSL

  • Jumat 07 Juni 2024 , 10:47
  • Oleh : Dewi
  • 14595
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Veteran Yogyakarta) telah membuka pendaftaran untuk Seleksi Mandiri (SM) dengan skema Potensi Skolastik dan Literasi (PSL). Pendaftaran SM PSL akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 15 Juni 2024. Pendaftaran dilakukan secara online di laman pmb.upnyk.ac.id.

Drs. Purwiyanta, M.Si selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPN Veteran Yogyakarta 2024, menyampaikan bahwa ada 5 lokasi ujian SM PSL yang bisa dipilih, yaitu Yogyakarta, Bogor, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Pekanbaru Riau. Ujian di Yogyakarta menggunakan Computer-Based Test (CBT), sedangkan di luar Yogyakarta menggunakan Paper-Based Test (PBT).

Ketua PMB UPNYK menambahkan bahwa materi tes yang harus dipersiapkan, antara lain penalaran umum, penalaran matematika, pengetahuan dan pemahaman umum, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris. Untuk bisa mendaftar lewat jalur SM PSL, peserta harus lulusan SMA/SMK/MA atau yang sejajar (lulus ujian persamaan paket C) pada Tahun 2022, 2023, atau 2024. Persyaratan tambahan berlaku untuk lulusan tahun 2022 dan 2023, yaitu memiliki ijazah yang sah. Sedangkan untuk lulusan tahun 2024, persyaratan tambahannya adalah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang mencakup informasi jati diri, foto terbaru, cap, dan stempel yang sah.

“ Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- untuk Warga Negara Indonesia dan Rp 400.000,- untuk Warga Negara Asing. Selain skema SM PSL, UPNYK juga akan buka skema lain yang namanya Bela Negara. Pendaftaran untuk skema ini akan  dibuka setelah pendaftaran skema SM PSL selesai. Skema Bela Negara ini merupakan skema paling terakhir masuk UPNYK 2024,” terang Ketua PMB UPNYK 2024.