Tim PPK ORMAWA UPNYK Maksimalkan Potensi Jamu Dusun Gesikan melalui Desa Wisata Omah Jamu

  • Selasa 10 Oktober 2023 , 09:18
  • Oleh : Dewi
  • 1069
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Karang Taruna Dusun Gesikan melakukan praktek langsung inovasi jamu. Sumber: Tim PPK Ormawa

INFOUPNYK - Tim PPK Ormawa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) yang terdiri dari 15 orang melakukan pelatihan dan pendampingan di Dusun Gesikan Desa Merdikorejo Kabupaten Sleman dalam upaya pembentukan Desa Wisata Edukasi Omah Jamu, Senin (2/10/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada produsen jamu dan pemuda karang taruna dalam pembuatan inovasi jamu serta pemanfaatan limbah jamu menjadi pupuk organik cair.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diikuti oleh lebih kurang 8 orang produsen jamu, 10 orang pemuda dan karang taruna, serta tiga orang tokoh masyarakat. Ketua Paguyuban Jamu Bima Sejahtera, Sarjana mengatakan Dusun Gesikan yang terletak di Desa Merdikorejo Kabupaten Sleman sudah dikenal menjadi sentra jamu, kendati demikian masyarakatnya justru belum mampu memanfaatkan potensi tersebut secara optimal.

"Dusun Gesikan yang terletak di Desa Merdikorejo memang sudah menjadi sentra jamu, namun masyarakatnya kurang memanfaatkan itu untuk dijadikan wisata jamu, dengan adanya tim PPK Ormawa "Veteran" Yogyakarta diharapkan masyarakat dapat tergerak dan terbantu dalam mewujudkan wisata jamu di Desa Merdikorejo," imbuh Sarjana.

Sarjana juga menambahkan adanya pelatihan ini dapat bermanfaat bagi mereka, khususnya dalam memanfaatkan limbah jamu yang mereka hasilkan hampir setiap hari. Dengan adanya pelatihan ini, mereka berharap dapat mempergunakan limbah jamu tersebut dan mengolahnya menjadi produk yang dapat dijual.

Sementara itu, Fajar Ari yang merupakan salah satu anggota karang taruna berharap dengan adanya pelatihan inovasi jamu ini dapat menjadi awal jamu kembali eksis di kalangan masyarakat. Tim PPK Ormawa UPN Veteran Yogyakarta berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga dusun gesikan dan dapat membantu dalam pengembangan Desa Wisata Edukasi Omah Jamu.

Sebagai tambahan informasi sebelum program pelatihan dan pendampingan dilakukan, Tim PPK Ormawa UPNYK bersama karang taruna Dusun Gesikan lebih dulu mengadakan kunjungan ke Desa Wisata Jamu lainnya yang terletak di Desa Kiringan Kabupaten Bantul. "Pada bulan september kami bersama karang taruna Dusun Gesikan mengadakan kunjungan ke Desa Wisata Kiringan untuk mempelajari lebih dalam mengenai wisata jamu," ujar Ketua Tim PPK Ormawa, M Habib Munawar.

Habib menyampaikan hasil kunjungan tersebut menjadi landasan mereka untuk mengadakan pelatihan branding dan diskusi terkait konsep Desa Wisata. "Masih di bulan yang sama, kami mengadakan pelatihan branding dan diskusi mengenai konsep pariwisata yang akan diterapkan dalam Wisata Omah Jamu Desa Merdikorejo. Pada bulan Oktober ini kami sedang fokus untuk menata Wisata Omah Jamu agar segera bisa dibuka untuk umum," lanjutnya.

Habib mewakili tim PPK Ormawa UPNYK menyampaikan harapannya agar program yang sedang dikerjakan timnya sejak bulan Juli ini dapat menggali lebih dalam potensi lokal yang ada pada sebuah desa. Lebih jauh lagi, ia berharap Dusun Gesikan dapat menjadi tolok ukur Desa Wisata bagi desa-desa lainnya.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam memanfaatkan potensi lokal untuk pengembangan desa wisata edukasi." terang ketua tim. (dimas)