TIM UPN VETERAN YOGYAKARTA RAIH JUARA UMUM : INOVASI PENGEMBANGAN PANGAN PRODUKSI TIWUL

  • Senin 13 Mei 2024 , 08:58
  • Oleh : Dewi
  • 395
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK  —  Tim Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) berhasil meraih juara umum dalam Ajang Dewata Essay Competition yang diselenggarakan di Bali yang berlangsung pada tanggal 4-5 Mei 2024. Tim yang terdiri dari 5 anggota ini  berasal dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Industri yaitu Yudha Sopyan Kurniawan, Muhammad Hasby, Keyla Aura Kanaya, Hafizda Diva, dan Rafli Husaini Ahmad. Dengan bimbingan dari dosen pembimbing, Tri Wibawa, S.T., M.T., berhasil merancang mesin pembuatan butiran tiwul yang memperluas kearifan lokal dan meningkatkan produktivitas UMKM.

Dr. Hendro Widjanarko, MM selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UPN "Veteran" Yogyakarta mengatakan bahwa prestasi ini sangat membanggakan, telah berhasil menciptakan inovasi dalam pengembangan pangan produksi tiwul. Tim UPN Veteran Yogyakarta telah menghasilkan solusi yang tidak hanya inovatif, tetapi juga memiliki potensi besar dalam memajukan industri pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim, pembimbing, dan juga seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan tim kita. Tanpa kerja keras dan dedikasi kalian, prestasi ini tidak akan mungkin tercapai. Mari kita terus berinovasi, terus bersemangat, dan terus berjuang untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan. Jadikan prestasi ini sebagai pendorong yang memacu kita untuk terus memperjuangkan peningkatan kualitas dan kemajuan di berbagai bidang,” terang Hendro.

Yudha Sopyan selaku ketua kelompok ini menyampaikan judul inovasi yang kita usung adalah "Mesin Pembuatan Butiran Tiwul: Revitalisasi Kearifan Lokal melalui Rancangan Alat Pembuatan Butiran Tiwul Guna Optimalisasi Produksi." Tujuan utamanya adalah meningkatkan produktivitas UMKM dengan efisiensi biaya dan peningkatan produksi.

“Terima kasih kepada dosen pembimbing atas arahan dan bimbingannya yang sangat berperan dalam membantu kesuksesan tim UPNYK dalam kompetisi ini,” terang ketua tim.

Prestasi luar biasa Yudha dan kawan dalam kompetisi ini layak diapresiasi tinggi. Selain meraih gelar juara umum, mereka juga berhasil memenangkan enam penghargaan lain yang menunjukkan dominasi dan keunggulan UPNYK dalam ajang ini. Tim UPNYK berhasil memenangkan medali emas dalam bidang teknologi untuk presentasi poster. Tidak hanya itu poster mereka yang menarik dan informatif serta desain yang mampu memberikan kesan yang kuat berhasil menyabet predikat Poster Favorit baik di bidang teknologi maupun umum. Ditambah, video karya tim UPNYK juga memenangkan kategori  favorit, video mereka  menggambarkan dengan baik rangkaian kegiatan dan inovasi yang di tampilkan. Gabungan dari prestasi-prestasi ini adalah bukti nyata komitmen dan keunggulan tim UPNYK dalam menghadapi kompetisi yang sengit.