Transformasi FISIP UPN Veteran Yogyakarta di Bidang Akademik

  • Kamis 27 Juni 2024 , 02:42
  • Oleh : Dewi
  • 1348
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK_ Dalam upaya meningkatkan Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT), Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berupaya memberikan dukungan dan penguatan kepada civitas akademika melalui visitasi ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK). Visitasi ini bertujuan untuk melihat langsung implementasi proyek perubahan mentoring publikasi SINTA 1 & 2 dan Scopus yang dilakukan oleh FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Dekanat FISIP, 26 Juni 2024.

Dalam pertemuan visitasi bersama para dosen UPNYK, Prof. Dr. Desi Harneti Putri Huspa, M.Si  selaku mentor dari Universitas Padjajaran (UNPAD) menyampaikan apresiasi dan motivasi untuk terus melanjutkan upaya meningkatkan kualitas publikasi. Beliau juga mendukung perguruan tinggi dalam meningkatkan kapasitas pemimpinan. Ia berharap dengan adanya program visitasi dan sarasehan ini, FISIP UPN Veteran Yogyakarta dapat mengimplementasikan proyek perubahan dengan lebih efektif dan berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang akademik.

Dr. Macha Astuti Dewi, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Akademik 2024-2028 sekaligus sebagai Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta periode 2016-2020 dan 2020-2024 dalam kesempatan ini, menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam meningkatkan kualitas dosen-dosen FISIP UPN Veteran. Beliau juga menegaskan komitmen FISIP UPN Veteran untuk terus mendorong pengembangan akademik dan riset dalam rangka menjawab kebutuhan dunia pendidikan yang semakin dinamis.

“UPN Veteran Yogyakarta terus berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berdampak positif bagi dunia pendidikan dan masyarakat,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik UPNYK.

Ia berharap dengan adanya visitasi implementasi mentoring publikasi SINTA 1 & 2 dan Scopus di FISIP UPN Veteran Yogyakarta oleh Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, diharapkan akan semakin banyak dosen yang mampu meraih kenaikan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar.

Dalam kunjungannya, Dua Tim dari Dikti didampingi oleh Prof. Dr. Desi Harneti Putri Husna, M.Si selaku mentor dari Universitas Padjajaran (UNPAD) disambut dengan hangat oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta, Dekan Fakultas, dan para dosen FISIP. Kunjungan ini menjadi bentuk apresiasi atas dedikasi FISIP UPN Veteran dalam meningkatkan kualitas publikasi dosen-dosen yang merupakan faktor penting dalam kenaikan jabatan akademik.

Selama kunjungan, Tim Dikti bersama mentor dari UNPAD secara langsung melihat implementasi mentoring publikasi SINTA 1 & 2 dan Scopus yang telah dilakukan oleh FISIP UPN Veteran Yogyakarta.

Visitasi ini merupakan tindak lanjut dari program peningkatan kapasitas kepemimpinan perguruan tinggi (PKKPT) yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam kunjungan ini, Direktorat Sumber Daya turut menyelenggarakan sarasehan pengembangan kapasitas proyek perubahan yang dihadiri oleh civitas akademika UPN Veteran Yogyakarta. Sarasehan bertujuan untuk memberikan penguatan dan wawasan baru dalam mengimplementasikan proyek perubahan yang sedang dilakukan.

Selain itu, Direktorat Sumber Daya juga mengadakan Forum Konsultasi terkait pemadanan data dosen pada aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keakuratan dan kekonsistenan data dosen yang tercantum dalam aplikasi tersebut.