UKM SENI TARI DAN KARAWITAN UPN VETERAN YOGYAKARTA MENGGELAR MINI PAGELARAN LOKATRIKANTA

  • 03 December 2021 , 03:26 PM
  • Oleh : Dewi
  • 913
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni  sub unit  Tari  dan Karawitan UPN Veteran Yogyakarta menggelar mini pagelaran pada Minggu (21/11/2021) lalu. Acara tersebut disiarkan melalui live streaming di kanal YouTube UKM Seni UPN Veteran Yogyakarta. Hingga Selasa (30/10/2021), mini pagelaran tersebut telah tayang lebih dari 2.400 kali penayangan.

Dengan judul “Lokatrikanta”, sebuah kata dari bahasa sansekerta dengan arti melanggar batas-batas yang ada. Mini pagelaran tersebut menceritakan tentang kehidupan seorang Ibu dan anak laki-lakinya dengan mengangkat berbagai tradisi dan kepercayaan yang ada.

“Judul Lokatrikanta sendiri dipilih karena memang kebetulan kata tersebut mencakup semuanya. Di mana, arti kata Lokatrikanta merupakan inti dari cerita yang dibawakan dalam mini pagelaran ini,” ungkap Bernadetta Bening selaku Koordinator Acara Mini Pagelaran Lokatrikanta dari sub unit Karawitan.

Harapannya, dari adanya mini pagelaran Lokatrikanta adalah agar generasi muda tetap mengembangkan dan melestarikan budaya Indonesia. Hal itu dikarenakan acara ini berisi penampilan dari sub unit tari dan sub unit karawitan UKM Seni UPN Veteran Yogyakarta yang membawakan cerita bertema tradisi Jawa dengan iringan dari gending  gamelan dan tarian tradisional.

 

Terakhir, Bening menambahkan, “Selain itu, amanat dari cerita yang kami bawakan juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran. Mini pagelaran ini juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas para mahasiswa, khususnya yang  tergabung dalam sub unit tari dan sub unit karawitan UKM Seni UPN Veteran Yogyakarta,” tutupnya.

 

Previous Next