UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERPARTISIPASI DALAM THE 11TH CRISU-CUPT INTERNATIONAL CONFERENCE 2016

  • Jumat 04 November 2016 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1514
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Chiang Mai, Thailand – UPN “Veteran” Yogyakarta baru saja menjadi salah satu peserta acara yang bertaraf internasional dari university rector council Indonesia – Thailand. Diantaranya adalah Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc sebagai rektor universitas, bersama tiga dekannya yaitu Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si (Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik), Dr. Ir. Suharsono, M.T (Fakultas Teknologi Mineral), Partoyo, S.P, M.P, Ph.D (Fakultas Pertanian) serta dua delegasi mahasiswanya yaitu Cecelia Dwi W (Ilmu Komunikasi) dan Wisnu Harimurti (Teknik Geologi).

CRISU (Council of Rector of Indonesian State Universities) – CUPT (Council of University President of Thailand) joint conference merupakan sebuah konferensi internasional sebagai bentuk persahabatan antara perguruan tinggi di Thailand dan Indonesia. Untuk kesebelas kalinya, CRISU – CUPT diadakan pada 28-31 Oktober 2016 dengan tuan rumah penyelenggaranya adalah Maejo University, Chiang Mai, Thailand. Tema besar yang diusung yaitu “Global Challenge for the Future of Universities toward having a Green Economy”. Sebagai pembuka kegiatan ini, diadakan trilateral konferensi yang membahas isu tentang green development  terkait dengan tiga pembicara representatif dari Indonesia, Thailand, dan Perancis.

CRISU-CUPT Conference terdiri dari tiga forum yakni forum rektor, forum dekan, dan forum mahasiswa. Khusus forum mahasiswa mengangkat topik “Strengthening Indonesian-Thai Student Interaction to Prepare ASEAN Future Leaders”. Dalam forum diskusi ini, para delegasi mahasiswa membahas bagaimana caranya menguatkan hubungan interaksi antara kedua negara demi mempersiapkan calon pemimpin bagi ASEAN. Tak hanya dari Indonesia dan Thailand, forum ini juga menghadirkan beberapa mahasiswa pertukaran pelajar dari Filipina dan China untuk bertukar pengalaman dan turut serta memberikan aspirasinya tentang kepemimpinan anak muda di ASEAN.

Pada hari terakhir kegiatan The 11th CRISU-CUPT International Conference 2016, dilaksanakan kunjungan ke kampus Maejo University dan farm. Sebagaimana diketahui, Maejo University mempunyai unggulan di bidang pertanian, dan pengembangan pertanian di universitas tersebut merupakan yang terbaik di Thailand.