UPN VETERAN YOGYAKARTA BERSAMA LPDP KEMENTERIAN KEUANGAN RI GELAR SOSIALISASI BEASISWA LUAR NEGERI

  • Jumat 03 Mei 2024 , 09:48
  • Oleh : Dewi
  • 1744
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

UPNYK – Universitas  Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) melakukan sosialisasi beasiswa untuk program studi lanjut luar negeri. Tujuan diadakannya sosialisasi LPDP untuk memberikan informasi langsung terkait beasiswa yang diberikan dan mampu menjadi jembatan untuk meningkatkan jumlah dosen UPNVY yang mampu melanjutkan studi S2 hingga S3. Beasiswa yang sosialisasikan mencakup bidang mineral metalurgi, sains, dan juga matematika di 25 perguruan tinggi terbaik seluruh dunia. Diselenggarakan di Ruang Seminar Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (FAPERTA UPNYK), Kamis 2 Mei 2024.

Dr. Machya Astuti Dewi, M. Si. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik sangat mengapresiasi kunjungan dan sosialisasi beasiswa dari LPDP serta menyampaikan harapannya agar kunjungan itu dapat terus berlanjut menyambut program LPDP yang lain agar kerjasama terus terjalin.

“Tentu harapannya bapak ibu dosen maupun adek-adek mahasiswa bisa memanfaatkan sosialisasi ini dengan baik dan bisa mendapatkan informasi langsung serta bertanya langsung kepada Bapak Agam (narasumber) terkait beasiswa LPDP,” Ujar Machya.

Warek I berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat menjadi sarana informasi langsung dari narasumber bagi para dosen maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan studi dengan beasiswa.

Dr. Agam Bayu Suryanto, S.E., M.B.A selaku Narasumber LPDP menyampaikan pihak LPDP sebagai sarana penyedia beasiswa dari kementerian keuangan agar mahasiswa Indonesia mampu meraih pendidikan setinggi-tingginya bahkan ke perguruan tinggi terbaik di dunia seperti Oxford University, Cambridge University, University of Tokyo hingga Melbourne University maupun National University of Singapore.

Narasumber menyampaikan syarat utama beasiswa menyertakan Tes Bakat Skolastik atau menyertakan Letter of Acceptance (LoA) untuk wawancara dengan berkas wajib yang sudah ditentukan seperti Toefl, Ijazah atau Surat Keterangan Lulus untuk LPDP sendiri, berkas tambahan akan berbeda-beda sesuai perguruan tinggi yang dipilih.

Selain itu untuk alumni yang sudah selesai masa studi di luar negeri wajib kembali ke Indonesia. “Alumni wajib kembali ke Indonesia berkontribusi selama dua kali masa studi ditambah satu,” terang Agam.

Selain itu, Agam menambahkan bahwa penerima beasiswa jangan mengambil beasiswa dan studi lanjut untuk kepentingan diri sendiri, tapi sangat diharapkan motivasi alumni mendapat beasiswa untuk dikontribusikan kembali ke Indonesia.