UPN "Veteran" Yogyakarta Gelar Ujian SNBT untuk 2.890 Calon Mahasiswa

  • Selasa 30 April 2024 , 03:01
  • Oleh : Dewi
  • 1976
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman, 29 April 2024 – Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) Yogyakarta menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Ujian Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. Ujian di UPNVY diikuti oleh 2.890 calon mahasiswa yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan.

UPN "Veteran" Yogyakarta telah menyiapkan 11 ruang ujian dengan total 298 perangkat komputer untuk menunjang kelancaran pelaksanaan ujian tahun ini. Selain itu, sebanyak 121 orang pengawas bertugas untuk mengawasi dan membantu kelancaran ujian.

Ujian SNBT di UPN "Veteran" Yogyakarta dilaksanakan dari 30 April hingga 6 Mei 2024 mendatang. Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta, Prof. Dr. Moh.Irhas Effendi, M.Si menyampaikan bahwa universitasnya berkomitmen untuk menyelenggarakan ujian SNBT dengan sebaik-baiknya. "Kami telah menyiapkan seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk memastikan kelancaran ujian. Kami juga telah melatih para pengawas dengan sebaik-baiknya agar dapat membantu para peserta ujian dengan optimal," ujarnya, Selasa (30/4/2024)

Irhas Effendi juga berpesan kepada para peserta ujian untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan mengikuti ujian dengan tenang dan jujur. "Semoga para peserta ujian dapat mengerjakan soal dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal," harapnya.

Sementara itu, Subkoordinator Humas dan Kerja Sama UPN "Veteran" Yogyakarta, Panji Dwi Ashrianto, M.I.Kom menambahkan persiapan telah dilakukan dengan matang untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan bagi para peserta ujian. Selain itu, langkah antisipasi untuk terjadinya kecurangan pada pelaksanaan ujian kali ini juga dilakukan.

"Antisipasi kecurangan dengan melakukan screening ketat, baik body checking secara manual maupun menggunakan metal detector," tambahnya.

Sekadar diketahui, ujian SNBT di UPN "Veteran" Yogyakarta dilaksanakan di kampus II. Untuk menjaga kelancaran pelaksanaan ujian, UPNVY berupaya melakukan sterilisasi lokasi dari aktivitas perkuliahan yang mungkin bisa menganggu pelaksanaan ujian. Untuk tahun ini secara nasional tercatat 30.167 calon mahasiswa yang memilih UPN “Veteran” Yogyakarta melalui jalur SNBT. Sementara itu Program Studi Pertambangan menjadi prodi dengan tingkat keketatan tetertinggi di kampus Bela Negara ini. Tahun ini untuk kuota jalur SNBT, UPN “Veteran” Yogyakarta hanya menyediakan 150 kursi untuk calon mahasiswa. Sementara jumlah pendaftar yang tercatat secara nasional mencapai 3.673 orang.