UPN Veteran Yogyakarta Inisiasi Program Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) Tanaman Lada di Banjarnegara

  • Kamis 13 Juni 2024 , 12:06
  • Oleh : Admin
  • 1921
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta menginisiasi program Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) khusus untuk tanaman lada di Banjarnegara, Jawa Tengah. Program ini merupakan respons langsung terhadap keluhan petani mengenai tingginya angka kematian tanaman lada yang sering merugikan mereka.

Tim Peneliti dan Abdimas Proteksi Tanaman dari UPN Veteran Yogyakarta saat ini tengah melakukan kajian mendalam mengenai penyebab kematian tanaman lada serta berbagai solusi potensial untuk mengatasinya. Hasil penelitian ini akan disebarluaskan kepada para petani melalui serangkaian kegiatan SLPHT.

Pada tanggal 11 Juni 2024, Dekan Fakultas Pertanian secara resmi membuka kegiatan SLPHT di Desa Tribuana, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian menyampaikan harapannya agar program ini dapat membantu petani mengatasi masalah hama dan penyakit pada tanaman lada melalui pengendalian yang tepat dan ramah lingkungan.

Ketua tim Peneliti dan Abdimas, Dr. Mofit Eko Poerwanto, menjelaskan bahwa keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama antara Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta dengan PT Java Agritech dan Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Wilayah Banyumas. Diharapkan kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan swasta ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi para petani.

Program SLPHT ini akan diadakan sebanyak 12 kali pertemuan. Berbeda dengan sekolah pada umumnya, kegiatan Sekolah Lapang ini ditujukan untuk orang dewasa dan akan dilakukan secara langsung di lapangan melalui praktik langsung.

Kepala Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Wilayah Banyumas menekankan pentingnya penggunaan pestisida yang tepat untuk menghindari kerusakan lingkungan dan kesulitan dalam pengendalian hama dan penyakit. Beliau mengajak para petani untuk mulai menerapkan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dalam pengelolaan hama dan penyakit. Karena masih banyak petani yang belum mengetahui dan menerapkan PHT, program SLPHT ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan. LPHP Wilayah Banyumas berkomitmen untuk mendukung penuh inisiatif UPN Veteran Yogyakarta ini, dengan harapan petani akan lebih memahami dan menerapkan prinsip-prinsip PHT dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman lada di masa mendatang.