UPN Veteran Yogyakarta, Jakarta dan Jawa Timur Berkolaborasi Gelar Porsimnas Wimaya

  • Selasa 01 Maret 2022 , 04:04 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1284
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- UPNVY (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta) bersama UPNVJ (Jakarta), dan UPNVJT (Jawa Timur) berkolaborasi menggelar Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah Mahasiswa Nasional Widya Mwat Yasa (Porsimnas Wimaya). Kegiatan ini akan berlangsung pada 17-28 Mei 2022. Pembukaan Porsimnas Wimaya akan dilaksanakan di UPNVJ, sedangkan untuk penutupannya akan dilakukan di UPNVJT. Tujuan dari  kegiatan ini yaitu menumbuh kembangkan inisiatif dan daya kreativitas yang inovatif di kalangan mahasiswa era milenial.

 

Tema Widya Mwat Yasa sendiri diambil dari sesanti sekaligus identitas ketiga kampus UPNV. Semboyan tersebut memiliki makna menuntut ilmu untuk didarmabaktikan bagi pembangunan bangsa dan negara. Karena itu, output yang dihasilkan dari kegiatan Porsimnas Wimaya sejatinya diperuntukan bagi kebermanfaatan bangsa.

 

Dr. Ir. Singgih Saptono, MT. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan (KKSP) UPNVY menuturkan bahwa Porsimnas Wimaya berawal dari keinginan dari tiga UPNV untuk meningkatkan kualitas dan prestasi mahasiswa di tingkat regional maupun nasional. Dengan demikian, hal ini diimplementasikan melalui sinergi ketiga UPNV.

 

Pelaksanaan kegiatan Porsimnas Wimaya sendiri dibagi menjadi tiga tempat. Untuk bidang olahraga akan diselenggarakan oleh UPNVJT. Bidang ini terdiri dari berbagai cabang. Mulai dari Renang, Bola Basket, Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Bola Voli, Taekwondo, Futsal, hingga E-SPORT untuk game Mobile Legend, PUBG, dan Valorant. Bidang olahraga ini akan diselenggarakan selama dua pekan. Berbagai bidang ini tidak hanya dapat diikuti oleh putra, tetapi juga mahasiswa putri baik itu secara perorangan maupun beregu.

Untuk bidang seni akan diselenggarakan oleh UPNVJ. Bidang ini terdiri dari berbagai cabang. Mulai dari Marching Band dengan nomor lomba Full Band, Brass, Colour Guard, maupun perkusi, Paduan Suara, MTQ, Pesparawi, Tari Belanegara baik itu tradisional maupun modern, hingga Fotografi dan Cinematografi.

Sedangkan untuk bidang ilmiah, akan diadakan oleh UPNVY. Bidang ini terdiri dari berbagai cabang. Mulai dari PKM/Ilmiah-Riset dalam bidang Humaniora dan Saintek, Penerapan IPTEK, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat, Karya Cipta, Gagasan Futuristik, dan Gagasan Tertulis. Selain itu, terdapat cabang Kontes Robot baik itu robot terbang, robot cerdas, hingga robot sepak bola. Selanjutnya, ada KKN Belanegara dengan lomba poster dan film dokumenter, Olimpiade Belanegara dalam bentuk pidato, debat, dan essay, hingga Kewirausahaan melalui Bisnis Plan & Pitching bagi usaha industri kuliner, kreatif, jasa, teknologi, dan budidaya.

UPNVY sendiri sedang melakukan pelaksanaan kegiatan PKM pada 27 Februari hingga 28 Mei. PKM ini mengangkat tema “Inovasi dan tantangan generasi muda melalui PKM sebagai manifestasi ide kreatif dalam meraih Indonesian Gold Era 2045 dengan kesediaan berbakti pada negara”. Tema tersebut diambil sesuai dengan semangat UPN untuk menghasilkan mahasiwa beretika dan berbudaya yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nantinya, untuk para juara akan mendapatkan piagam sekaligus uang pembinaan.

“Kepanitiaan Porsimnas Wimaya, termasuk Ketua Pelaksana seluruhnya akan dipegang oleh mahasiswa dibantu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari ketiga UPNV. Sedangkan Wakil Rektor dari ketiga UPNV mendapat tugas sebagai Koordinator kegiatan ini. Sebagai bentuk apresiasi, mahasiswa yang berprestasi juga akan mendapatkan reward," ujar Singgih di Gedung Rektorat Kampus Bela Negara UPNVY di Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Jumat (25/2/2022).

Singgih menyampaikan, Porsimnas Wimaya diadakan untuk meningkatkan IKU (Indikator Kinerja Universitas) di Bidang Prestasi Mahasiswa.

 

Dengan adanya agenda ini, Singgih turut mengungkapkan harapannya. “Porsimnas Wimaya diadakan untuk meningkatkan IKU (Indikator Kinerja Universitas) di Bidang Prestasi Mahasiswa. Dengan demikian, harapannya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bisa dikelola bersama-sama oleh ketiga UPNV sehingga target-target yang ingin dicapai bisa terealisasikan. Khususnya meningkatkan prestasi di bidang ilmiah, seni, dan olahraga,” pungkasnya.

 

Informasi lebih lanjut informasi mengenai timeline  Porseminas Wimaya Lomba PKM silahkan ke laman , www.upnyk.ac.id

 

Humas UPN "Veteran" Yogyakarta

Laman: www.upnyk.ac.id
Instagram: infoupnyk
whatapp:  62 811 2656 484

Previous Next