UPN “Veteran” Yogyakarta Jalin Kerja Sama dengan Perum Jasa Tirta 1

  • Senin 11 September 2023 , 04:33
  • Oleh : Dewi
  • 1120
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

UPN VETERAN YOGYAKARTA – Universitas Perbangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta dan Perum Jasa Tirta 1 menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak di Gedung Rektorat kampus setempat, Senin (11/9/2023).

Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Irhas Effendi dalam kata sambutanya mengatakan melalui kerja sama ini diharapkan terjalin sinergi yang saling menguntungkan khususnya dalam pemanfaatan sumber daya air dan pengelilaanya. Kerja sama ini, lanjut dia, juga diupayakan dapat memberikan keutungan bagi para pihak dalam keikut sertaan untuk membangun bangsa ini.

“Untuk itu nota kesepahaman ini nanti dapat dilanjutkan pada implementation arrangement yang memuat rincian rencana implementasi kegiatan kerja sama berdasarkan nota kesepahaman,” tambah Rektor. Kerja sama ini juga diharapkan akan memberikan kesempatan untuk mahasiwa dalam melaksanakan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) khususnya pada kegiatan magang.

Sementara itu, Direktur Operasional Perum Jasa Tirta 1, Milfan Rantawi dalam kesempatan yang sama mengungkapkan wilayah kerja Perum Jasa Tirta 1 mencakup 5 wilayah sungai dan 10 bendungan. “Kami harus memastikan jika musim hujan tidak banjir dan kalau kemarau tidak kering…kita harus memastikan kebutuhan air terpenuhi baik untuk pembangkit listrik, domestik, industri dan pertanian,” papar dia.

Secara teknis, rencana tindak lanjut kerja sama akan dibicarakan lebih lanjut dalam rincian rencana implementasi berupa inventarisasi sumber daya air di Wilayah Sungai Bengawan Solo. “Kegiatan kajian ini dimaksudkan untuk mendata, menginventarisasi sumber air serta memberikan rekomendasi kegiatan untuk pelastarian sumber air yang berada di sekitar hulu Wilayah Sungai Bengawan Solo,” ujar Manajer Utama Keuangan, Perencanaan, Manajemen Risiko, Kinerja dan Teknologi Zainal Alim.

Sekadar diketahui acara penandatanganan nota kesepahaman ini dihadiri beberapa pimpinan kedua institusi. Dari pihak UPN “Veteran” Yogyakarta hadir pimpinan rektorat, dekan 5 fakultas dan ketua lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.