UPN VETERAN YOGYAKARTA STUDI BANDING KE UNIVERISTAS UDAYANA BALI, TINGKATKAN INDIKATOR KINERJA UTAMA

  • Jumat 04 November 2022 , 11:56
  • Oleh : Dewi
  • 1307
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) studi banding ke Universitas Udayana Bali. Kunjungan yang berlangsung 3-5 November 2022 ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UPNV YK, Dr. Singgih Saptono MT. UPNV YK menilai Universitas Udayana telah mencapai indikator IKU dengan baik, sehingga UPNV YK datang untuk belajar.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T mengatakan melalui kunjungan ini UPNV YK berharap bisa menyerap ilmu dari Universitas Udayana, khususnya terkait implementasi IKU.

"Kami mau belajar ke Universitas Udayana terkait IKU. Universitas punya banyak tuntutan mulai dari Badan Layanan Umum (BLU), IKU dan lainnya. Tapi bukan berarti menyerah, kami akan terus maju ke depan," ucap Singgih.

UPNV YK berharap bisa mengadopsi cara-cara Udayana dalam mengimplementasikan IKU. Seperti diketahui ada delapan indikator dari IKU, seperti lulusan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus.

Praktisi mengajar di kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerjasama dengan kelas dunia. Lalu kelas yang kolaboratif dan partisipatif, hingga program studi berstandar internasional.

UPNV YK sendiri sudah mulai menjalankan indikator-indikator yang ada di IKU. Ini menjadi semangat UPNV YK dalam mensukseskan program MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"UPNV YK berkunjung ke Udayana karena ingin ada perubahan mindset. Jogja ini mirip dengan Bali, tidak meninggalkan tradisi namun terus berupaya untuk sukses meraih masa depan yang modern, ini juga menjadi alasan kenapa Udayana dipilih," jelasnya.

Tanpa adanya indikator, akan sulit menilai keberhasilan dari universitas, khususnya terkait implementasi MBKM. UPNV YK terus berupaya agar indikator-indikator kesuksesan ini bisa dicapai.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama & Informasi Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes menyampaikan selamat datang kepada UPNV YK. 

Menurutnya semangat untuk terus belajar dan berkembang ini perlu diapresiasi. Dia mengatakan dalam mensukseskan program MBKM salah satunya dengan menggenjot pertukaran mahasiswa. Sehingga mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman di luar kampus.

"Selamat datang di Udayana, kedatangan UPNV YK ini kami harap bisa dilanjutkan dengan kerjasama-kerjasama lain, apapun bentuknya. Kami berharap bisa saling sharing informasi agar dunia pendidikan khususnya di perguruan tinggi bisa semakin maju."