UPNVY – DISHUB SLEMAN GELAR UJI EMISI

  • Senin 25 Februari 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1116
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY)  bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman menggelar uji emisi kendaraan di Rektorat, Jl. SWK Lingkar Utara, Jumat 22 Februari 2019.

Biro Umum dan Keuangan, Wisnu Hadi, M.Si, mengatakan uji emisi ini bertujuan mengetahui kadar emisi yang dikeluarkan kendaraan, layak atau tidaknya untuk lingkungan.

Selain itu Kepala Seksi Keselamatan, Transportasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Rosalyna Setya Wardhani, S.Si.T, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan  Dinas Perhubungan. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui  ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Penyelenggaraan uji emisi ini ditujukan tidak hanya di lingkungan civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta, tetap juga untuk kendaraan penumpang plat kuning dan plat hitam.” tambah Kepala Seksi Keselamatan, Transportasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman.

Rosa menambahkan hari ini ada sebanyak 125 kendaraan mengikuti uji emisi, terdiri dari kendaraan berbahan bakar bensin dan solar. Sebanyak 86 kendaraan berbahan bakar bensin, yang tidak lolos uji emisi 9 kendaraan dan yang lolos uji semisi 77 kendaraan. Sedangkan kendaraan berbahan bakar solar 39 kendaraan, yang tidak lolos uji emisi 1 kendaraan, lolos uji emisi 38 kendaraan. Target utama uji emisi kali ini adalah kendaraan dinas UPNVY, setidaknya ada sekitar 30 persen kendaraan dinas UPNVY yang mengikuti uji emisi. Selain untuk mengetahui kelayakan dari kadar emisi terhadap lingkungan, uji emisi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya mahasiswa  untuk mendukung Green Kampus.

Humas/dewi