UPNVY HADIRI WORSHOP LAPOR DAN PPID

  • Selasa 02 April 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1036
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

UPN “Veteran” Yogyakarta menghadiri acara Workshop Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan Penguatan Pengelolaan  Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan PTN dan LLDIKTI yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Salah satu peserta dari UPN “Veteran” Yogyakarta diwakili oleh Dewi dan Rita Afrilawati, dimana Dewi sebagai pelaksana narahubung Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dan Rita sebagai narahubung Pelaksana Teknik PPID/LLDIKTI. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis s.d Sabtu 28-30 Maret 2019.

Dina selaku ketua pelaksana dari Kemenristekdikti mengatakan “Tiga kunci “SUKSES” dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik, bagian dari Reformasi Birokrasi yaitu adanya komitmen pimpinan PTN/LLDIKTI, serta adanya keterlibatan secara aktif seluruh elemen pegawai PTN/LLDIKTI.

Selain itu Dina menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rencana aksi Reformasi Birokrasi. Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini yaitu melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Selain itu mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Disampaikan oleh Menristekdikti pada penutupan Rakernas Ristekdikti dalam rangka peningkatan pelaksanaan pelayanan publik,

  1. Pimpinan PTN agar melakukan right rizing organisasi memperbaiki proses bisnis organisasi dan mengurangi jumlah dosen yang menduduki jabatan administrasi, sehingga jumlah tenaga kependidikan dibandingkan pendidik.
  2. Pimpinan PTN dan LLDIKTI agar meningkatkan kualitas pelayanan public yang ditandai dengan peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
  3. Pimpinan PTN agar membentuk dan memberdayakan unit layanan terpadu (ULT) sebagai sarana pemberian layanan secara terpusat kepada masyarakat, mahasiswa, dosen dan tendik.
  4. Pimpinan PTN dan LLDIKTI agar meningkatkan utilisasi penggunaan ruangan atau sarana prasarana bersama. Humas/dewi