UPNVY SERAHKAN SK KENAIKAN PANGKAT DAN JABATAN FUNGSIONAL

  • 01 December 2021 , 04:51 PM
  • Oleh : Dewi
  • 719
UPN VETERAN Yogyakarta

Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat Golongan, Jabatan Fungsional Dosen dan Kenaikan Pangkat  Penyetaraan UPNVY di kampus setempat, Jumat (19/11/2021). SK diberikan kepada 25 tenaga pengajar di lingkungan kampus.

 

Rektor UPNVY,  Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi M.Si mengungkapkan dengan diserahkannya SK kenaikan pangkat dan jabatan fungsional itu, maka diharapjan memberikan motivasi bagi para dosen, baik PNS maupun non PNS untuk meningkatkan prestasi.

 

"Ini selangkah lebih maju untuk peerimaan SK. Kenaikan pangkat ini untuk memotivasi dosen agar bisa berprestasi lebih baik dan semangat lagi untuk mempercepat kebaikan jabatannya. Juga memotivasi teman-teman yang selama ini masih tersendat kenaikan jabatannya," ungkapnya.

 

Rektor menyampaikan, pemberian SK kenaikan jabatan tersebut berkaitan erat dengan target kinerja yang harus dipenuhi UPNVY sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Sebagai BLU, indikator rasio tingkat pendidikan dan jumlah dosen dan guru besar yang naik pangkat dan jabatan fungsional harus dicapai.

 

Percepatan kenaikan jabatan ini juga dilakukan untuk memenuhi akreditasi institusi dan program studi (prodi) yang juga jadi indikator BLU. Dalam aturan tersebut, UPNVY harus memiliki rasio jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional sekaligus guru besar (gubes).

 

"Selama ini yang jadi persoalan proses kenaikan jabatan funhgsional dosen relatif lambat, karena persolan status pns tidak bisa naik pangkat. P3K juga masih ada masalah yang perlu diselesaikan karena SK beda dengan jabatan fungsionalnya. Dengan dibuat SK yang sama untuk satu menteri untuk orang yang sama, maka harapannya kinerjanya tidak berbeda hasilnya," paparnya.

 

Rektor menambahkan, universitas meminta fakultas membentum tim admin untuk membantu proses kenaikan jabatan dan pangkat. Tim ini diperlukan untuk mengumpulkan database dosen beserta kinerjanya.

 

Tim admin ini penting dibentuk karena selama ini proses pengumpulan berkas kenaikan jabatan dan pangkat dosen juga sering terkendala berkas administrasi. Satu dosen bisa saja membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengumpulkan berkas yang ditentukan.

 

"Ada tim admin di fakultas yang membantu meng-update database agar tidak kelamaan. Tim admin universitas akan membantu melakukan validasi agar tidak dosen tidak terburu-buru saat mengurus kenaikan pangkat. Universitas akan memberikan bimbingan teknis untuk menyiapkan sistem informasi dan membantu menyusun dokumen yang diatur," ungkapnya.

 

Sementara Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPNVY, Dr. Drs. Susanta, MSi mengungkapkan penyerahan SK dilakukan tanpa pembedaan bagi dosen yang PNS maupun non PNS.

 

"Penyerahan sk rutin dan bersama sama," jelasnya.

Previous Next