3.584 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Mandiri Jalur Bela Negara UPNVY

  • Rabu 12 Juli 2023 , 12:28
  • Oleh : Dewi
  • 2026
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sebanyak 3.584 calon mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) 'Veteran' Yogyakarta mengikuti seleksi mandiri Jalur Bela Negara. Kampus Bela Negara yang ada di Yogyakarta ini memiliki 3 jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM).

"Kami menyiapkan 3,584 calon Mahasiswa melaui jalur seleksi Mandiri, materi yang diujikan pada seleksi Mandiri Bela Negara adalah Pancasila, Kewarganegaraan, Sejarah Perjuangan dan bela negara melalui ujian tulis dan wawancara. Seleksi dilakukan dengan berbasis komputer selama empat sesi, yang masing-masing sesi diisi 220 yang terbagi dalam 11 ruang sesuai dengan kapasitas dan harapan sudah bisa selesai pada hari Sabtu,"ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVYK Suharsono, Rabu (12/7/2023).

Seleksi dilakukan berbasis komputer dengan bahan mata pelajaran tentang pancasila, kewarganegaraan, sejarah perjuangan, dan ujian tulis serta wawancara bela negara.

“Ini merupakan bagian utama tes ujian bela negara, dari animo total yang mendaftar 4,524 tapi yang ter-uji berdasarkan data yang benar-benar melakukan persiapan untuk melakukan tes sekitar 3,584,” ucapnya.

Rektor UPNVY, Irhas Effendy menyampaikan, kampus tersebut lahir didirikan oleh para pejuang. Sehingga UPNVY diharapkan mampu menyumbangkan generasi muda yang siap memegang teguh nilai nilai kebangsaan melalui jalur bela negara.

“Kerena UPN didirikan oleh para pejuang sehingga secara yuridist peraturan presiden serta peraturan mentri mengawali berdirinya kampus ini, tentu secara subtansi sekarang ini kedudukan bela negara menjadi sangat penting,” jelasnya.

UPNVY akan memastikan para mahasiswa menerima Pendidikan Bela Negara sejak penerimaan mahaswa baru, proses pengenalan kehidupan kampus, proses perkuliahan, proses evaluasi, sampai dengan proses wisuda

Sebelumnya, daya tampung mahasiswa UPNVY tahun 2023 adalah 5.310. Di mana angka itu terbagi untuk jalur mandiri, prestasi, UTBK, dan berbasis Bela Negara.

“Interview bela negara menggunakan cara wawancara agar dapat diketahu potensi karakter melalui prilaku pada saat wawancara, mudah-mudahan ini terus berjalan sehingga kita akan memperoleh calon mahasiswa baru yang punya komitmen dan kapasitas kuat dalam bela negara, sehingga dalam proses belajar akan muncul sikap yang mampu menyumbangkan diri pada penyatuan bangsa dan negara Indonesia,” ucap Irhas.