5.310 Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta Akan Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Belanegara 2023

  • Rabu 02 Agustus 2023 , 03:53
  • Oleh : Dewi
  • 1615
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN — Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) akan menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Belanegara (PKKBN) 2023 pada 12-19 Agustus 2023 mendatang. PKKBN 2023 akan diikuti oleh 5.310 mahasiswa baru dari semua jalur penerimaan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T menyampaikan melalui kegiatan ini mahasiswa baru yang sudah menjadi keluarga UPNV YK akan diberikan pemahaman dan cara mengimplementasikan nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

"Meski baru akan berlangsung pada 12 Agustus 2023 mendatang, tapi kami sudah mulai melakukan persiapan sedini mungkin. Sehingga PKKBN 2023 bisa berjalan maksimal, dan apa yang menjadi target dari pelaksanaan PKKBN 2023 bisa tercapai," ucapnya, Selasa (1/8/2023).

PKKBN menjadi salah satu cara untuk menjaga nilai-nilai bela negara warisan para pendahulu bangsa bisa terus dijaga dan diimplementasikan. Nilai-nilai Belanegara masih sangat relevan diterapkan di era digital saat ini.

Nilai Belanegara menjadi landasan dalam bersikap sebagai seorang warga negara. Mengedepankan cintah tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara, juga setia pada Pancasila. PKKBN 2023 ini menjadi gerbang awal pengenalan nilai Belanegara bagi mahasiswa baru. Tidak berhenti disini, penanaman nilai Belanegara juga akan dimaksimalkan melalui mata kuliah Belanegara.

"Ini yang menjadikan UPNV YK spesial sebab masih menjunjung tinggi nilai-nilai Belanegara. Nilai ini menjadi cikal bakal berdirinya UPNV YK. Belanegara tidak hanya angkat senjata, bekerja dan belajar semaksimal mungkin untuk kemajuan bangsa juga merupakan implementasi Belanegara, di era modern yang sudah serba digital ini," paparnya.

Menurutnya semangat PKKBN harus terus ditingkatkan, tidak hanya bagi mahasiswa baru, namun bagi semua civitas akademika UPNV YK. Semangat pengimplementasian nilai-nilai Belanegara harus terus dijaga, sehingga tidak luntur.

"Terkait PKKBN 2023 kami sudah memberikan arahan kepada Wakil Dekan dan semua panitia tentang pedoman PKKBN. Kami mohon tetap berpegang pada pedoman, jangan sampai keluar dari rel. Pedoman sudah dikeluarkan oleh Kemendikbudristek Dikti 2023 ini," ungkapnya.

Nantinya di tanggal 17 Agustus 2023 akan ada kegiatan membuat mozaik dari kreativitas mahasiswa dan pada 19 Agustus 2023 akan ditutup dengan Gebyar UKM. Di meminta kepada masing-masing Dekan khususnya Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan untuk menyiapkan fakultas dan jurusannya secara matang.

"Ini merupakan hal yang perlu dikoordinasikan dengan matang, sebab pesertanya cukup banyak ditargetkan 5.310. Kekompakan dan kerjasama menjadi hal yang baik agar kegiatan ini bisa berjalan lancar," lanjutnya.