AIESEC UPNVY GANDENG 37 MAHASISWA ASING DARI 15 NEGARA

  • Senin 30 Juli 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1131
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - AIESEC merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. AISEC UPNVY setiap tahun melaksanakan berbagai program kerja yang berskala nasional maupun internasional. Setiap tahun AIESEC UPNVY melaksanakan 2x kegiatan, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Ketua Hubungan Eksternal, Herra Dwima salah satu mahasiswa jurusan Hubungan Internasional UPNVY mengatakan Kegiatan AISEC berskala internasional ini  dilaksanakan di bulan summer dan winter. Pada bulan Juli – Agustus, diselenggaarakan “International Big Summer Project”. Kegiatan ini merupakan proyek sosial yang berfokus pada masalah tertentu yaitu berdasarkan “Sustainable Development Goals” atau Pembangunan Berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB. Kegiatan ini berdurasi kurang lebih 2 bulan dan melibatkan mahasiswa asing maupun mahasiswa lokal.

“Antusiasme yang besar dari para pemuda untuk mengikuti kegiatan ini terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta yang terlibat. Dalam gelombang summer ini, AIESEC UPNVY berhasil mendatangkan kurang lebih 37 mahasiswa asing lebih dari 15 negara. 15 negara tersebut antara lain Turkey, Spain, Poland, Netherland, Belgium, Czech Republic, China, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Canada, Egypt, Germany, Australia, dan Pakistan. Serta melibatkan lebih dari 40 lokal volunteer yang memiliki berbagai latar belakang pendidikan,” tambahnya.

Herra menambahkan, kegiatan ini terbagi ke dalam 3 bentuk proyek sosial. Proyek tersebut berfokuskan pada 3 hal penting yaitu kebudayaan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan. Dalam kurun waktu 2 bulan, mereka melakukan kunjungan ke berbagai instansi untuk melakukan observasi dan pendidikan, melakukan roadshow ke sekolah – sekolah untuk memberikan sosialisasi kepada siswa di bangku SMA, mempelajari budaya lokal, melakukan penyuluhan kepada desa terpencil di Yogyakarta, dan masih banyak lagi bentuk kegiatan sosial lainnya. Dalam kegiatan ini AIESEC UPNVY berhasil melakukan kerjasama dengan 4 Dinas di Yogyakarta yaitu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY, serta Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup DIY. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat serta dampak yang luar biasa bagi peserta dan seluruh pihak yang terlibat. Peserta dapat meningkatkan komunikasi mereka dalam bahasa asing, mendapatkan pengalaman cross culture understanding yaitu pertukaran pemahaman kebudayaan karena proyek ini melibatkan banyak mahasiswa dari berbagai Negara. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata AIESEC UPNVY sebagai “Youth Leadership Movement”, yaitu organisasi kepemudaan yang terus konsisten untuk melakukan pergerakan sosial kepada masyarakat di Indonesia, serta memberikan pengalaman terbaik kepada pemuda. Kami percaya bahwa dengan langkah nyata yang kami lakukan akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan membawa perubahan yang besar bagi Indonesia. 

Herra Dwima/editor. Dewi humas