Hari Kedua UTBC, Peserta Datang Sejak Pagi

  • Minggu 30 Agustus 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1983
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Peserta jalur penerimaan Seleksi Mandiri bersiap untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) di sejumlah fakultas UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Minggu (30/8).

Peserta mulai berdatangan di Kampus 1 Condongcatur dan Kampus 2 Babarsari sekitar pukul 07.00 WIB atau satu jam sebelum pelaksanaan UTBC sesi pertama dimulai.

“Saya sengaja datang lebih awal supaya tidak terburu-buru disini dan bisa melihat ruangan.”  kata Rista Asti saat ditemui di Fakultas Teknologi Mineral, pada Minggu (30/8) pagi.

Rasti mengendari motor dari rumahnya didaerah Piyungan, Bantul ke Kampus UPNVY di Condongcatur. Ia mengaku sudah mempersiapkan diri mengikuti UTBC sejak tahun lalu. Tak hanya berlatih soal dari internet, ia juga mengikuti bimbingan belajar untuk persiapan ujian seleksi.

“Kebetulan tahun ini gap year, tahun lalu saya mendaftar di UPNVY tapi gagal. Kemarin ikut juga SBMPTN tapi masih gagal. Semoga UTBC kali ini saya bisa lolos.” katanya.

Dibanding ujian tahun lalu, menurutnya tahun ini soal ujian jauh lebih mudah karena peserta hanya dibebani dengan Tes Potensi Skolastik, tanpa Tes Potensi Akademik. Meskipun demikian, selain UTBC, Rasti juga mendaftar melalui jalur seleksi nilai UTBK .

Alumni SMK Negeri 4 Yogyakarta ini memilih program studi Manajemen sebagai pilihan pertama dan Akuntansi di pilihan kedua.

Peserta UTBC lainnya, Prihatini Kofifah yang juga sudah datang sejak pukul 07.30 WIB, dari jadwal ujian pukul 09.00 WIB.

Peserta asal Indramayu, Jawa Barat tersebut mengaku sejak Sabtu (29/8) sudah tiba di Yogyakarta. Ia datang sendiri dari kampung halamannya ke Yogyakarta dengan kereta api.

“Saya menginap di kost teman, kebetulan lokasinya dekat dengan UPNVY.” ujarnya.

Pada UTBC kali ini ia memilih program studi Teknik Lingkungan untuk pilihan pertama dan Informatika pada pilihan kedua. Ia mengaku tidak mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

“Saya hanya mendaftar di UPNVY dan kampus swasta. tapi semoga diterima disini.” harapnya.

Untuk mengikuti seleksi kali ini, Prihatini belajar soal-soal yang ia unduh dari internet.

Terapkan physical distancing

Pada Seleksi Mandiri jalur penerimaan UTBC kali ini sebanyak 5.500 peserta akan bertarung memperebutkan sekitar 1.200 kursi dari 21 program studi di UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Mereka mengikuti ujian yang berlangsung pada 29 dan 30 Agustus 2020 yang digelar di Yogyakarta, Purwokerto dan Semarang.

Ujian dibagi menjadi empat sesi, sesi pertama pada pukul 8 pagi, selanjutnya pukul 9 pagi. Sesi siang pukul 13.00 dan 14.00 WIB.

Panitia akan menggunakan ruang-ruang kelas dengan memperhatikan jarak aman sesuai aturan physical distancing. Ruang kelas kapasitas 40 – 50 orang hanya akan diisi 16 peserta dan 2 orang pengawas.

Ruangan dan fasilitas akan dilakukan penyemprotan disenfektan terlebih dahulu sebelum dan sesudah digunakan.

Sebelum masuk ke area kampus, para peserta diwajibkan melakukan protokol pencegahan Covid-19 berupa pengechekan suhu badan dengan thermo gun di area pintu gerbang, kemudian melanjutkan ke lokasi ruang ujian dengan menjaga jarak aman. Setelah itu mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, mengenakan masker, face shield, dan hand scoen (sarung tangan).

Adanya pandemi COVID-19, maka tes UTBC tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Selain UTBC, pada Seleksi Mandiri tahun ini UPNVY juga menyelenggarakan seleksi berdasarkan nilai UTBK – SBMPTN. Hasil seleksi nilai UTBK dan UTBC akan diumumkan pada 8 September 2020 di laman http://pmb.upnyk.ac.id. (wwj/humas)