5.500 Peserta UTBC Rebutkan 1.200 Kursi Maba UPNVY

  • Sabtu 29 Agustus 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1478
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Sebanyak 5.500 peserta Seleksi Mandiri jalur penerimaan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) akan bertarung memperebutkan sekitar 1.200 kursi dari 21 program studi di UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Mereka akan mengikuti ujian yang berlangsung pada 29 dan 30 Agustus 2020.

“Hari ini kami mulai sesi pertama pada pukul 8 pagi, selanjutnya pukul 9 pagi. Sesi siang pukul 13.00 dan 14.00.” Jelas Kasubag Kerjasama dan Humas, Markus Kusnardijanto saat ditemui Sabtu (29/8).

UTBC yang digelar tahun ini oleh UPNVY, kata Markus diselenggarakan di tiga kota, yakni Yogyakarta, Purwokerto dan Semarang.

“Kami membagi menjadi tiga kota, agar peserta tidak terpusat di Yogyakarta. UTBC kali ini menggunakan protokol pencegahan COVID-19 secara ketat.” Katanya.

Markus menjelaskan panitia akan menggunakan ruang-ruang kelas dengan memperhatikan jarak aman sesuai aturan physical distancing. Ruang kelas kapasitas 40 – 50 orang hanya akan diisi 16 peserta dan 2 orang pengawas.

Ruangan dan fasilitas akan dilakukan penyemprototan disenfektan terlebih dahulu sebelum dan sesudah digunakan.

Sejak pukul tujuh pagi para peserta nampak mendatangi kampus 1 dam 2 UPNVY yang berada di Condongcatur dan Babarsari. Sebelum masuk ke area kampus, mereka diwajibkan melakukan protokol pencegahan Covid-19 berupa pengechekan suhu badan dengan thermo gun di area pintu gerbang, kemudian melanjutkan ke lokasi ruang ujian dengan menjaga jarak aman.

Para peserta diwajibkan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, mengenakan masker, face shield, dan hand scoen (sarung tangan).

Adanya pandemi COVID-19, maka tes UTBC tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Selain UTBC, pada Seleksi Mandiri tahun ini UPNVY juga menyelenggarakan seleksi berdasarkan nilai UTBK – SBMPTN. Hasil seleksi nilai UTBK dan UTBC akan diumumkan pada 8 September 2020 di laman http://pmb.upnyk.ac.id. (wwj/humas)