HM HUMAS UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GELAR WEBINAR “STRESS MANAGEMENT: MAKING PEACE WITH YOURSELF”

  • Kamis 16 Desember 2021 , 09:07
  • Oleh : Dewi
  • 1423
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA – Generasi millenial, khususnya mahasiswa merupakan seseorang yang sedang berada pada fase transisi dari usia remaja menuju dewasa. Saat berada dalam fase tersebut, ditambah dengan banyaknya tugas dan kesibukan, tidak jarang para mahasiswa cenderung akan lebih mudah untuk merasa lelah dan burnout karena stress yang tidak teratasi dengan baik. Hal itu menjadi salah satu latar belakang diadakannya webinar bertema Mental Health yang diselenggarakan oleh HM Humas UPN “Veteran” Yogyakarta berkolaborasi dengan layanan psikologi Rumah Konsul Indonesia, Sabtu (11/12/2021).

“Stress merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, karena sebenarnya stress itu adalah suatu reaksi tubuh terhadap situasi yang nampak sulit dan berbahaya sehingga membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline,” ujar CEO & Co-Founder Rumah Konsul Indonesia, Dian Sartika Sari, M.Psi., Psikolog saat mengawali sesi pemaparan materi.

Dian kemudian melanjutkan dengan menganalogikan stress ibarat sebuah kopi. “Terkadang ketika kopi dikonsumsi secara cukup, ia dapat membantu kita. Namun, jika mengonsumsi kopi secara berlebihan ia akan memberikan efek samping bagi tubuh. Sama halnya dengan stress, ketika yang dialami adalah stress ringan atau dalam kadar yang cukup, sebenarnya stress merupakan pembelajaran bagi kita untuk menjadi lebih dewasa. Akan tetapi, jika stress sudah berlebihan atau berkepanjangan, itulah yang kemudian menjadi kecenderungan (tidak selalu) mengarah pada patologis, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Dian memaparkan terkait dengan gejala-gejala stress. Ada banyak gejala yang timbul ketika mengalami stress. Beberapa di antaranya adalah mudah tersinggung atau marah, betindak secara agresif, mudah merasa lelah, sukar konsentrasi atau menjadi pelupa, palpitasi atau jantung berdebar, otot-otot tegang, hingga sakit kepala, sakit perut, dan diare.

Tidak berhenti sampai di situ, Dian pun turut memberikan tips untuk me-manage stress. Ia juga menciptakan jembatan keledai untuk memudahkan para peserta webinar dalam mengingat beberapa tipsnya. “Untuk mengatasi stress, kita bisa ingat susu UHT. Itu merupakan singkatan dari Uraikan ancaman yang ada, Hadapi, dan Temukan insight,” tambahnya.

Di akhir webinar kolaborasi tersebut, Yolanda Ristanti, salah seorang peserta menyampaikan kesan dan harapannya. “Webinar dikemas dengan baik, termasuk pemaparan materi dari Kak Dian sebagai pembicara sangat mudah untuk dipahami. Saya berharap nantinya HM Humas akan terus mengadakan acara webinar lagi dan dapat menjadikannya sebagai acara rutin,” ungkap Yolanda.