Kapolda DIY Kunjungi UPNYK: Mahasiswa Diminta Waspadai Penipuan

  • Selasa 05 Desember 2023 , 11:43
  • Oleh : Admin
  • 957
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Kapolda DIY dalam pemaparannya di Ruang Seminar FTM UPNYK. Sumber: Humas UPNYK

INFOUPNYK - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menggelar program Jumat Curhat Kapolda DIY dengan mengadakan kunjungan ke Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK). Acara ini berlangsung di Ruang Seminar Fakultas Teknologi Mineral, Jumat (1/12/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., Rektor UPNYK Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si., dan Kapolresta Sleman Kombes Pol Yuswanto Ardi, S.H., S.I.K., M.Si. Acara dibuka dengan pemaparan Kapolda DIY yang menguraikan pentingnya mencegah kasus penipuan, terutama yang berdampak pada mahasiswa. Ia juga menekankan pentingnya kerja sama antara kepolisian dan institusi pendidikan untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan ini.

Pembahasan utama dalam acara ini menitikberatkan pada kasus penipuan yang mengincar mahasiswa sebagai korbannya. Kapolda DIY menyampaikan data dari Ditreskrimsus Polda DIY menunjukkan adanya tren kenaikan kasus penipuan selama tiga bulan terakhir, yakni dari bulan September hingga November 2023 yang menyasar kelompok usia di bawah 25 tahun. Para korban penipuan mayoritas berasal dari kalangan karyawan dan mahasiswa.

"Ternyata yang mendominasi angka penipuan di DIY adalah karyawan swasta dan mahasiswa... Itulah kenapa kami sudah masuk ke karyawan swasta, kami juga sudah keliling lima kabupaten (di DIY) untuk melakukan pembinaan, sekarang kami masuk ke sini (UPNYK)," ujar Kapolda saat pemaparannya dalam kegiatan Jumat Curhat, Jumat (1/12/2023)

Suwondo menambahkan, berbagai modus operandi penipuan yang kerap terjadi seringnya korban terjerat akan hal yang dianggap sepele. Polda DIY berencana untuk terus memberikan pembaruan terkait situasi ini untuk dijadikan pedoman bagi mahasiswa agar tidak menjadi target kasus penipuan. "Hal-hal yang remeh ini seperti kadang-kadang kita jatuhnya hal-hal yang kecil, nah itulah alasan kami masuk datang dengan persoalan sepele yang mungkin terlupakan oleh kita semuanya. Akan kami update terus situasi tentang modus-modus operandi yang menyasar ke mahasiswa," tutur Kapolda.

Rektor UPNYK, Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si., menyambut baik inisiatif dari Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. "Kami berkomitmen untuk mendukung langkah-langkah pencegahan kejahatan di lingkungan civitas akademika," ujarnya. Rektor juga mengapresiasi acara ini, menurutnya memahami dan berorientasi pada masyarakat langsung adalah salah satu cara untuk memberikan layanan terbaik terhadap masyarakat dalam hal ini adalah civitas akademika.

"Dalam ilmu marketing, untuk meningkatkan kualitas layanan harus ada orientasi pada pelanggan. Bagian dari orientasi pelanggan itu adalah memahami pelanggan, siang ini sangat baik sekali Kapolda bisa hadir menyerap aspirasi curhat dari pelanggannya," tambah dia.

Untuk diketahui, kegiatan Jumat Curhat Kapolda DIY ini merupakan salah satu cara Polda DIY dalam melakukan kontrol terhadap masyarakat. Terkait topik yang menjadi bahasan di tiap penyelenggaraannya disesuaikan dengan urgensi dan audiens dari acaranya. Secara kumulatif aacara Jumat Curhat Kapolda DIY telah diselenggarakan sebanyak 40 kali dengan target audien berasal dari lintas kalangan.

Penulis: Dimas Siradje