Kembali ke Almamater, Alumni Teknik Perminyakan 2003 UPNV YK Gelar Reuni Akbar dan Kuliah Umum

  • Minggu 25 Juni 2023 , 02:09
  • Oleh : Dewi
  • 2939
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Alumni Teknik Perminyakan 2003 UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPN YK) akan menggelar Reuni Akbar sekaligus Kuliah Umum pada 24-25 Juni 2023. Ini menjadi Reuni Akbar pertama yang terstruktur pasca kelulusan 15 tahun silam.

Reuni Akbar bertajuk 'Crude Oil 20th Anniversary – Kembali dan Berbagi untuk Kampus Tercinta' akan dihadiri sekitar 100-an alumni. Ketua Panitia Reuni Akbar Alumni Teknik Perminyakan 2003, Bambang Afrianto ST, mengatakan alumni Teknik Perminyakan 2003 saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri.

Sebagian bekerja di pemerintahan seperti di Ditjen Migas, Ditjen EBTKE, SKK Migas. Di perusahaan perminyakan seperti Pertamina, Kangean, EMP, dan lainnya. Ada juga yang menjadi pengusaha di industri Minyak dan Gas (Migas), serta berkarir di luar industri Migas.

"Rasa rindu untuk berkumpul, berbagi cerita, dan pengalaman hidup setelah sekitar 15 tahun lulus menjadi latar belakang Reuni Akbar ini digelar. Rata-rata dari kami lulus pada tahun 2008," ucapnya, Sabtu (24/6/2023).

Kiprah 'Cruders' [sebutan Alumni Teknik Perminyakan 2003] yang tersebar di berbagai industri perminyakan di Indonesia membuat banyak perusahaan tertarik memberikan dukungan. Antara lain Rock Flow Dynamics sebagai sponsor Gold, kemudian untuk sponsor silver ada PT JGC Indonesia, PT Energi Dua Roda, PT Elnusa Tbk.
 
Pada sponsor bronze ada PT Revolutek Dananjaya Mandiri, PT Duta Wahana Surya, PT Petrol Pratama Energi, PT Suhada Petroleum, PT Surveyor Indonesia, GOWell Oilfield Technology FZE,  dan PT surveyor Indonesia.

Sedangkan supporting sponsor ada PT Trans Marpinggan, PT Semesta Harmoni Lentera, PT Aldawood Barokah Utama, PT Seleraya Merangin Dua, PT Sunindo Pratama, PT PGP, PT Tunggal Buana Utama, dan PT PGP & Jadestone (Lemang) B.V.

"Sejak lulus kuliah, ini adalah reuni pertama yang dilakukan secara terstruktur," paparnya.

Kegiatan Reuni Akbar ini diharapkan bisa rutin digelar ke depannya. Sehingga silaturahmi terus terjalin sekaligus saling bertukar ilmu dan pengalaman.

"Kami berharap dengan adanya acara ini, kami dapat berbagi ilmu sehingga menciptakan peluang-peluang yang baik guna pengembangan industri perminyakan di Indonesia."

Digelar Kuliah Umum

Sebelum acara nostalgia masa kuliah di hari kedua, 25 Juni 2023, pada hari pertama, 24 Juni 2023 akan digelar Kuliah Umum bertajuk 'To unlock new paradigm of younger generation to be prepared for new challenges in the Industry'.

Tema ini relevan diangkat, di tengah upaya dunia mengurangi penggunaan bahan bakar dari fosil. Sebab bahan bakar fosil disebut dapat menghasilkan CO2 yang dapat merusak bumi.

"Sehingga kami para 'Cruders' juga wajib mempelajari dan mengembangkan ilmu yang mendukung pengurangan gas CO2 agar bumi menjadi lebih baik," ungkapnya.

Upaya pengurangan CO2 dilakukan melalui beberapa teknologi, misalnya melalui Carbon Capture and Storage (CCS). Yakni teknologi untuk menyimpan gas CO2 yang diproduksi untuk dimasukkan kembali ke dalam bumi.

"Atau juga dengan mengembangkan teknologi di Energi Baru dan Terbarukan, seperti memaksimalkan dalam pengembangan lapangan panas bumi. Intinya kami harus siap beradaptasi dalam menghadapi tantangan global saat ini," jelasnya.