102 Peserta Ikuti Ujian Keterampilan dan Wawancara Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Wimaya UPN “Veteran” Yogyakarta

  • Selasa 27 Juni 2023 , 02:35
  • Oleh : Dewi
  • 2480
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Sebanyak 102 peserta mengikuti ujian keterampilan dan wawancara Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Wimaya UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPNV YK, Senin (26/6/2023). Kepala Biro Akademik UPNV YK, Purwiyanta, M.Si mengatakan ujian keterampilan dan wawancara ini nantinya akan menjadi Nilai Akhir Siswa (NAS).

Penilaian dilakukan berdasarkan portofolio yang unggah dan diverifikasi sebelumnya. Jadi siswa unjuk keterampilan, kemudian ada dua komponen yang dinilai yakni berkaitan dengan performa, lalu baik dan buruknya dalam menampilkan keterampilannya. Setelah itu baru dilakukan ujian wawancara.

"Bobot dari portofolio 30%, ujian keterampilan 40%, dan ujian wawancara 40%, ini akan membentuk komponen ujian akhir, jadi kalau tidak datang otomatis gugur, karena tidak ada nilai yang diperoleh," ucapnya, Senin (26/6/2023).

Tujuan dari ujian keterampilan adalah untuk melihat benar tidaknya prestasi yang mereka unggah. Prestasi ini nantinya akan mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi 2.1 yang berhubungan dengan prestasi mahasiswa dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan di luar kampus setara 20 SKS dan harus 20%.

Dengan jumlah mahasiswa 15.000-an artinya harus dipenuhi setidaknya 3.000 mahasiswa yang berprestasi dan mengikuti kegiatan di luar kampus. Melalui Jalur Prestasi Wimaya diharapkan bisa mengembangkan prestasi di UPNV YK, mengikuti berbagai kejuaraan dan mendapatkan prestasi.

"Seleksi ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa yang berprestasi. Artinya kami menghargai mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi. Di mana prestasi ini akan mendongkrak pencapaian IKU," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah seleksi keterampilan dan wawancara dan dinyatakan lolos di Prodi yang dituju, tahap selanjutnya adalah pengumuman Uang Kuliah Tunggal (UKT). Lalu registrasi untuk mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

"Setelah lolos mereka tinggal melihat besaran UKT, kemudian melakukan pembayaran, kalau perlu sanggah ya sanggah, tapi saya kira UKT nya rendah."

Purwiyanta menambahkan mahasiswa yang lolos seleksi Jalur Prestasi Wimaya ini diharapkan bisa mendorong capaian prestasi UPNV YK, dari berbagai bidang yang digeluti. Sehingga saat ada kompetisi UPNV YK sudah memiliki bibit-bibit unggul yang siap mewakili kampus bela negara ini.

"Kami berharap mahasiswa baru jalur prestasi ini ke depan akan membawa nama baik UPNV YK. Juga mendorong capaian IKU terkait dengan prestasi," harpanya.