Mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan UPNVY Raih penghargaan di Tiongkok

  • 21 September 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 437
UPN VETERAN Yogyakarta

Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil menembus  konferensi internasional  di Tiongkok berkat skripsi yang dia susun. Dia membantu para teknisi  menetukan metode terbaik untuk ekplorasi minyak. Sebelum berkiprah di dunia akademik internasional, mahasiswa berprestasi ini sudah menerima banyak penghargaan.  Nama mahasiswa tersebut adalah Zaki Muttaqin mahasiswa semester IX Prodi Teknik Perminyakan  UPN “Veteran’ Yogyakarta.  Penghargaan tersebut muncul  sebagai The best student paper contest yang dipresentasikan dalam konferensi  dan ekplorasi  pengembangan  lapangan internasional  atau International Field Exploration and development(IFEDC)  2015 di Universitas Xi’an shaiyo, Xi’an Provinsi Shaanxi, Tiongkok 19 September 2015

Hal tersebut tak lepas dari keberanian Zaki menerapkan teori baru di dunia perminyakan untuk menyimulasikan karakteristik batuan. Teori  yang dimaksud adalah teori baru yang dikembangkan pakar minyak asal ITB, Bapak Pudji Permadi. Beliau mengajukann sebuah metode baru untuk menyimulasi karakteristik batuan dengan melakukan kombinasi porositas(kadar pori-p[ori batuan) dan kepekaan air.

Oleh Zaki,teori itu dipadukan dengan data prediksi kemampuan penyaluran (permeabilitas) batuan untuk menentukan karakter di seputar resevoair minyak.

Hasilnya metode ini mampu membantu para insinyur untuk menentukan metode eksplorasi yang terbaik lewat hasil simulasi yang didapat” Kata  Zaki Muttaqin.

Mulanya Zaki menelusuri  teori yang dipublikasikan 2009 lalu lewat sebuah forum internasional di Abu Dhabi,Uni Emirat Arab. Kendala muncul karena tak banyak rujukan seputar kerja  sang propesor . Mau tak mau zaki menelusuri seluruh karya tulis yang pernah dimuat di berbagai jurnal ilmiah dan mempelajarinya dari awal. Setelah cukup mantap, kemudia aZaki  mengujucobakan teori ayng ada pada sebuah sumur minyak tempatnya  magangdi nBlok Jabung, disisi barat Sumatra, Tak sia-sia  temuan menarik pun didapatnya.

Kemudian  Zaki menyusun  penelitiaan yang berjudul Studi kasus terapan: Aplikasi Struktur Rogga Geometris dan Prediksi Permeabilitas pada Karakterissasi Resevoir . Hal itu rupanya  lolos  sebagai tema skripsinya sekaligus mengantarkannya ke Tiongkok tanpa biaya sepeserpun. “Semua biaya dari akomodasi hingga biaya  konferensi selama di Tiongkok dibiayai penyelenggara, Saya  juga harus mempresentasikannya secara  terbuka di forum itu”, Kata Zaki.

               

Previous Next