MAHASISWA TEKNIK PERMINYAKAN UPNVY, RAIH JUARA 3 LOMBA ACTION PLAN DAN ENERGI CHALLENGE

  • Jumat 11 September 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1755
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- Mahasiswa Teknik Perminyakan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY)  meraih juara 3 pada ajang lomba Action Plan dan Energi Challenge 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 14 Agustus 2020. Tim mahasiswa UPNVY yang meraih juara 3 tersebut beranggotakan  Maulana Yusuf H (2018), Gilang Dirgantara (2018) dan Muhammad Arief P (2018). Pada ajang perlombaan tersebut, tim UPNVY mengangkat project “E-PYMISO (Eco Friendly Pyrolisis Waste by Microhydro and Solar Energi). Project tersebut akan diterapkan di kawasan Sungai Gajah Wong Yogyakarta.

Maulana Yusuf selaku ketua rombongan menyataka project ini dilatarbelakangi oleh keresahan masyarakat sekitar aliran Sungai Gajahwong yang kebingungan dalam melakukan pengolahan terhadap sampah plastik di daerah tersebut serta kondisi bahan bakar fosil di Indonesia yang akan habis dalam beberapa tahun kedepan sehingga perlu inovasi di bidang energi terbarukan.

Yusuf sapaan akrabnya menambahkan kelebihan dari project gagasan yang dibawa oleh tim UPNVY yaitu pada umumnya proses pyrolisis sampah plastik menjadi bahan bakar baru menggunakan sumber energi gas maupun minyak dirubah menggunakan sumber energi terbarukan yaitu aliran arus sungai sebagai mikrohydro dan panel surya, sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal.

“Kami  berharap daerah Sungai Gajah Wong yang sekarang sudah menjadi ekowisata susur sungai dapat mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang menarik wisatawan dalam bentuk desa energi yang nantinya diisi bentuk energi terbarukan lainnya juga serta kedepannya Pemerintahan Indonesia tidak bergantung lagi pada penggunaan energi fosil dan mulai fokus dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia, dimana Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang sangat tinggi”. Tambah Yusuf.Humas/Dewi