Mahasiswa UPNVY, Memberikan Pengabdian Bagi Adik Asuh di Pinggiran Kali Code Yogyakarta

  • Kamis 03 September 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1754
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman -  Mahasiswa  Program  Studi  Ekonomi  Pembangunan  Fakultas  Ekonomi  dan  Bisnis  UPN “Veteran”  Yogyakarta memberikan program pengabdian  pendidikan bagi Adik Asuh di pinggiran Kali Code Yogyakarta. Program tersebut merupakan salah satu judul  yang akan ikut berkompetisi bersama 14 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Program tersebut  diketuai  ketua Nabila Octavia Darmawansyah (2018), dan beranggotakan Alifah Nur Jannah (2018), Eni Listyanti (2018), Challida Noor Hikmarani (2018), dan Garin Priambodo (2017) dengan dosen pendamping Wahyu Dwi Artaningtyas, S.E., M.Si.

Nabila selaku ketua kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat UPNVY menyatakan tujuan dari program ini  yaitu untuk membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan berbasis budaya di daerah pinggiran kota Yogyakarta, khususnya di pinggiran Kali Code.

“Menurut informasi yang kami peroleh dari pemangku wilayah di daerah sana, adik-adik kurang memperoleh fasilitas pendidikan yang baik dan berharap ada peningkatan pendidikan terutama untuk pendidikan kebudayaan agar adik-adik tidak lupa Budaya Jawa seperti berbahasa jawa halus, sopan santun, serta tatakrama”, tambah Nabila selaku ketua kelompok PKM-M UPNVY dari Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Nabila menambahkan kegiatan yang dilakukan lebih berfokus pada pendidikan karakter anak-anak di pinggiran Kali Code lebih tepatnya di daerah Blunyah Gedhe dan mengedepankan nilai-nilai kebudayaan Jawa seperti penggunaan Bahasa Jawa Halus, Tatakrama Jawa, serta kesenian tradisional. Nabila juga berharap setelah program ini selesai, kegiatan pembelajaran ini dapat terus dilanjutkan oleh mitra masyarakat.

“Kami berharap setelah selesai pengabdian ini, kegiatan pembelajaran dapat terus beralngsung dan lebih menekankan mengenai Kebudayaan Jawa dan inovasi pembelajaran lain, sehingga anak-anak di pinggiran Kali Code dapat lebih mengerti dan memahami Budaya Jawa,” tambahnya.Humas/ Dewi