MEILISA JIBRANI, LULUSAN PERTAMA UPN VETERAN YOGYAKARTA TANPA SKRIPSI

  • Jumat 26 Juli 2024 , 03:13
  • Oleh : Dewi
  • 1947
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Meilisa Jibrani, seorang alumni dari Program Studi (Prodi) Ilmu Hubungan Internasional (HI) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK)  telah mencatatkan prestasi luar biasa sebagai lulusan pertama UPNYK tanpa skripsi. Keberhasilannya ini tentu menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain yang ingin mengejar pendidikan tinggi tanpa memenuhi persyaratan penulisan skripsi.

Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta sekaligus selaku dosen Prodi Ilmu Hubungan Internasional (HI) menyampaikan bahwa asistennya, Meilisa telah menunjukkan dedikasinya yang tinggi dalam menyelesaikan studinya dengan mengambil jalur non-skripsi. Dalam proses pembelajaran, dia berhasil memasukkan karya ilmiahnya ke daftar Jurnal Internasional Terindeks Copernicus dengan judul “ISIS Network and Women Terrorism in Indonesia: An Analysis from Actor Network Theory”. Diterbitkan dalam Journal of Social and Political Sciences Asian Institute of Research Vol. 6 Nomor 4 tahun 2023

Warek Bidang Akademik UPNYK menambahkan bahwa pencapaian ini menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi untuk menjalani pendidikan tinggi sesuai dengan minat dan kemampuannya. Meilisa telah membuktikan bahwa lulusan tanpa skripsi juga dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang berkualitas di bidang studinya.

“UPN Veteran Yogyakarta mengapresiasi keberhasilan Meilisa dan berharap bahwa prestasinya akan memberikan inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain untuk mengejar jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka. UPNYK terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik kepada mahasiswa agar dapat mencapai potensi terbaik dalam bidang yang mereka geluti,” Ujar Macha.

Keberhasilan Meilisa sebagai lulusan pertama tanpa skripsi juga memperkuat pandangan bahwa terdapat beragam cara untuk mengejar kesuksesan dalam pendidikan tinggi. Ini menunjukkan fleksibilitas sistem pendidikan dan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan minat mereka.

Saya berharap prestasi Meilisa ini akan diakui oleh industri dan dunia akademik. Universitas ini juga akan terus mendorong inovasi dan pengembangan dalam pendidikan tinggi untuk memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat mencapai tujuan karir mereka tanpa mengabaikan kualitas dan pemahaman yang mendalam dalam bidang studinya,” terang Warek Bidang Akademik UPNYK.

Meilisa menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada orang-orang yang ia jumpai di UPNYK, jajaran dosen dan juga teman-temannya. Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan rasa syukur kepada pihak keluarga dan kerabat atas prestasinya. “Penghargaan ini saya persembahkan untuk Alm. Bapak, Alm. Mbah Uti, jurusan HI UPN, partner saya, adik, dan teman-teman saya. Karena dukungan kalian, mantan penjual makaroni di Alkid ini dapat kesempatan ini,” Ucapnya.

Mahasiswi asal Gunung Kidul itu berpesan untuk rekan-rekan yang lain, jangan pernah meremehkan hal kecil, saling menghargai dan jangan merasa jumawa. Perkuliahan tidak hanya sekedar bisa dalam hal akademik tapi juga bagaimana kita bisa bertanggung jawab.