Prof Bambang Soeroto Terima Wimaya Award

  • Selasa 18 Desember 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1855
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Prof Bambang Soeroto mendapatkan penghargaan Wimaya Award tahun 2018 kategori karya tulis ilmiah. Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kemristekdikti, Prof Ainun Naim pada acara Sidang Terbuka Senat UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dalam rangka Dies Natalis ke-60, Sabtu (15/12).

Penghargaan diberikan kepada Prof Bambang Soeroto atas karya buku Percikan Api : Sejarah Berdirinya UPN “Veteran” Yogyakarta yang diterbitkan pada tahun 1979.

Penghargaan Wimaya Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh UPNVY kepada insan – insan yang memiliki karya kejuangan. Penghargaan ini diberikan setiap 5 tahun sekali saat Dies Natalis.

Pada kesempatan ini pejuang kelahiran Ngawi, tanggal 17 November 1929 juga mendapatkan anugerah sebagai Bapak Pendiri UPNVY.

Pasca perang kemerdekaan Prof Bambang bersama para pejuang veteran mulai merintis pendirian sebuah perguruan tinggi sebagai monumen aktif untuk mewadahi para bekas pejuang yang ingin melanjutkan studinya. Maka berdirilah APN “Veteran” pada tahun 1958. Kemudian nama APN berubah menjadi PTPN (Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional), dan akhirnya menjadi UPN “Veteran” pada tahun 1977.

Prof Bambang pernah menjabat sebagai Rektor UPNVY periode 1958 hingga 1993 dan memperoleh gelar tertinggi dalam pendidikan sebagai profesor di bidang geomorfologi pada tahun 1986. Berbagai penghargaan telah beliau terima antara lain Anugraha Sewaka Winayaroha dari Menteri Pendidikan Nasional pada tahun 2007 karena jasa-jasa dan pengabdiannya di bidang pengembangan pendidikan tinggi. (wwj/humas)