Tingkatkan Penelitian Internasional, UPN Veteran Yogyakarta Kerja Sama dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka

  • Rabu 09 Oktober 2024 , 03:55
  • Oleh : Dewi
  • 93
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta terus memperbanyak kerja sama internasional. Baru-baru ini, UPN Veteran Yogyakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) pada Jumat (27/9/2024), yang diwakili oleh Associate Prof. Dr. Samer Ali Hussein Al-Shami. 

Rektor UPN Veteran, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., berharap bahwa kerja sama kedua belah pihak dapat mendorong implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Termasuk di dalamnya adalah penelitian dan publikasi internasional.

“Harapannya sinergi UPN Veteran Yogyakarta dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka dapat melahirkan kegiatan-kegiatan konkrit untuk peningkatan kapasitas pembelajaran kolaboratif guna mendukung pencapaian lulusan yang berdaya saing internasional,” ujar Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Terpisah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dr Januar Eko Prasetyo, SE, M.Si, Akt., juga menyambut baik kerja sama tersebut dengan memfasilitas koordinasi tim penulis untuk publikasi artikel di jurnal berindeks Scopus.

“Kami menyambut baik kehadiran Universiti Teknikal Malaysia Melaka sebagai kolega baru sehingga dapat membangun jejaring kerja sama yang saling menguntungkan,” tutur Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kerja sama antara UPN Veteran Yogyakarta dan Universiti Teknikal Malaysia Melaka diinisiasi oleh Program Studi (Prodi) Manajemen UPN Veteran Yogyakarta. Penandatanganan nota kesepahaman telah diawali dengan berbagai kegiatan kolaborasi.

Salah satunya adalah penyelenggaraan simposium bersama bagi mahasiswa Magistes Manajemen FEB UPN Veteran Yogyakarta dan mahasiswa magister di The Institute of Technology Management and Entrepreneurship (IPTK) Universiti Teknikal Malaysia Melaka, pada Agustus 2023 lalu.

Selain itu, kedua perguruan tinggai telah melakukan pertukaran dosen, publikasi bersama dan penelitian kerjasama internasional. Selanjutnya, pada awal April 2024 Prodi Manajemen FEB UPN Veteran Yogyakarta telah mengundang Dr Anidah Robani dari IPTK Universiti Teknikal Malaysia Melaka sebagai narasumber dalam agenda Workshop Redesain Kurikulum dan Penguatan Kerjasama Penelitian Internasional Tahun 2024.

Pada Selasa, (24/09/24), beberapa perwakilan dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka juga mengunjungi UPN Veteran Yogyakarta guna membahas dan menjajaki peluang kerja sama di berbagai bidang, khususnya penelitian internasional.

Dari pihak UPN Veteran Yogyakarta, hadir Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Hendro Widjanarko, S.E, M.M. Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), Dr. Awang Hendrianto Pratomo, S.T., M.T., didampingi oleh Koorprodi Magister Teknologi Informasi (MTI), Raden Achmad Chairdino Leuveano, S.T., M.Sc., Ph.D., serta Ketua Jurusan Teknik Industri, Andreas Mahendro Kuncoro, S.T., M.Sc., Ph.D. Sementara dari pihak Universiti Teknikal Malaysia Melaka, hadir dua perwakilan utama, yaitu Assoc. Prof. Ir. Mohd Shukor bin Salleh. dan Dr. Ihwan Ghazali.

Diskusi ini berfokus pada potensi kerja sama dalam bidang pertukaran akademik, penelitian, serta pengembangan inovasi, terutama dalam bidang teknologi dan rekayasa. Kedua pihak berkomitmen untuk memperluas kolaborasi dengan berbagi keahlian dan hasil riset melalui publikasi bersama serta pelatihan khusus. Selain itu, pertemuan ini juga membuka peluang untuk proyek-proyek riset bersama dan pengembangan kurikulum yang mendukung kemajuan teknologi di kedua universitas.

Sebagai tambahan informasi, Universiti Teknikal Malaysia Melaka adalah salah satu universitas teknik terkemuka di Malaysia yang fokus pada pengembangan pendidikan berbasis teknologi. Didirikan pada 2000, Universiti Teknikal Malaysia Melaka unggul dalam pengajaran berbasis teknologi dan fokus pada inovasi serta pengembangan penelitian di berbagai bidang teknik dan teknologi.

Universiti Teknikal Malaysia Melaka telah dikenal luas karena kontribusinya dalam melahirkan lulusan-lulusan berkualitas di bidang teknik. Universitas yang berada di Durian Tunggal, Melaka ini, juga menawarkan 99 program akademik, dengan total 13.648 mahasiswa yang tersebar di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari diploma hingga doktor. Program-program ini meliputi 12 program doktoral, 40 program magister, 42 program sarjana, dan 5 program diploma.

Dengan latar belakang dan potensi yang dimiliki oleh kedua institusi, kerja sama ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju terciptanya kolaborasi strategis antara UPN Veteran Yogyakarta dan Universiti Teknikal Malaysia Melaka, yang tidak hanya akan meningkatkan kualitas akademik dan riset, tetapi juga memperluas jejaring internasional bagi kedua universitas.

Penulis : Listi Rohmah dan Ulfa