UPN Veteran Yogyakarta Fasilitasi Konser untuk Dukung Paduan Suara Mahasiswa Tanding di Taiwan

  • Kamis 20 Juli 2023 , 11:39
  • Oleh : Dewi
  • 1135
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Paduan suara mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY), Vocalista Paradisso kembali akan bertanding di kancah Internasional tepatnya di Taiwan pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Untuk mendukung anak didiknya bertanding di luar negeri itu, Rektor UPNVY, Mohammad Irhas Effendi mengatakan pihak kampus memberikan dukungan berupa dana transportasi kepada 45 peserta lomba. Selebihnya, UPNVY memfasilitasi tim paduan suara untuk mencari dana tambahan dengan menggelar konser yang disaksikan oleh civitas akademika, para mitra dan juga alumni kampus.

Irhas menyebut selama ini vocalitas paradisso andil dalam menyumbangkan prestasi yang membawa nama baik kampus UPNVY.

"Jadi Paradiso ini adalah satu dari organisasi dari kemahasiswaan kita yang punya prestasi baik, beberapa kali menang. Maka hari ini salah satu konser untuk mensupport mereka," kata Rektor UPNVY, Mohammad Irhas Effendi, Rabu (19/7/2023).

Dari hasil konser yang digelar perdana itu, Irhas merinci tim paduan suara UPNVY berhasil mengumpulkan dana sebanyak 102 juta yang diberikan oleh para mitra dan juga alumni yang hadir. Dana itu semuanya akan digunakan untuk mencober kebutuhan para peserta lomba, tim pendamping serta pelatih selama berada di Taiwan.

"Jadi ada banyak mitra mitra yang mensupport untuk kelangsungan dari Vocalitas paradisso yang akan berlomba di Taiwan besok. Tapi ini intinya adalah konser yang digunakan untuk mendapatkan dukungan dari berbagai aspek, dari aspek tempat untuk latihan, aspek untuk men-support konsumsi dan segala jenis support, sarana dan prasarana dari pendanaan ini," jelasnya.

Lebih lanjut Irhas berharap vocalitas paradisso dapat kembali meraih juara dan membawa nama baik UPNVY semakin bersinar di kancah nasional dan juga internasional.

"Ini tidak semata-mata untuk adik-adik yang sudah berusaha, harapannya mereka juga sudah disupport dengan baik sehingga mereka bisa membawa nama vokalista Paradiso juga UPNVY," pintanya.

Salah satu dosen UPNVY, Joko Pamungkas menyebut gelaran konser seperti ini akan lebih efektif untuk menghasilkan uang dibandingkan dengan upaya tim paduan suara yang selama ini juga mengamen di weekend untuk mendapatkan dana tambahan.

Ia mengaku hanya memberikan pancingan kepada tim paduan suara, selebihnya mereka yang mempersiapkan konser tersebut.

Sementara salah satu mitra UPNVY yakni PT Allabun Indah Mandiri mengatakan alasannya mengapa ikut mendukung tim paduan suara itu dari sisi anggarann untuk bertanding di Taiwan.

"(Kalau bantuan yang saya berikan) tidak terukur, kita bantu semaksimal mungkin. Apapun bentuknya, pasti kita dari PT Alabun Indah selalu bantu. Terutama dengan UPN punya kedekatan sendiri, punya sesuatu yang berbeda," ujar Nur Endah Duhkito Sari, Owner PT Allabun Indah Mandiri.