UPN VETERAN YOGYAKARTA GANDENG KERJASAMA DENGAN ANKARA UNIVERSITAS TURKI BIDANG MBKM

  • Jumat 28 Oktober 2022 , 02:29
  • Oleh : Dewi
  • 1731
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Sebagai bentuk implementasi program internasionalisasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (FEB UPNV YK) memperkuat kerja sama dengan Ankara University Turki. Penguatan kerja sama dilakukan, salah satunya dengan kunjungan dosen FEB UPNV YK ke Turki pada 20 Oktober 2022.

Kerja sama dengan upaya saling menguntungkan ini meliputi program pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi riset, joint publication, dan conference. Kepala Kantor Urusan Internasional UPNVY, Dr. Ir. RR. Rukmowati Brotodjojo, M.Agr, mengatakan, dalam hal pertukaran mahasiswa dan dosen misalnya, akan ada potensi transfer knowledge.

"UPNV YK bisa mempelajari keunggulan sistem belajar, teknologi, sampai kurikulum yang ada di Ankara University Turki, dan sebaliknya. Kolaborasi keunggulan ini bisa membuat kedua kampus ini semakin baik ke depannya," kata Rukmowati.  

Saat kedua kampus saling menemukan kesamaan visi dan misi, kerja sama bisa berlanjut dalam kolaborasi riset. Kedua kampus ini berkomitmen membuat penelitian yang bisa menyelesaikan masalah di masyarakat dan pengembangkan potensi yang ada di negara masing-masing.

"Dengan adanya riset bersama, harapannya bisa saling menguatkan, mulai dari pembahasan sampai implementasi. Serta tidak hanya berhenti pada koleksi perpustakaan, tapi benar-benar diterapkan di lapangan atau masyarakat," katanya.

Setelah riset bersama, poin selanjutnya berupa publikasi di masing-masing kampus. Ini bisa menjadi ruang pembelajaran bagi mahasiswa maupun dosen, baik di UPNV YK dan Ankara University Turki, atau kampus-kampus lain.

Tidak kalah penting, kerja sama juga terkait conference. Dalam hal ini, conference bisa berupa hasil kerja sama kedua belah pihak, atau terkait tema lain. Kedua kampus ini memiliki potensi sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya masing-masing.

"Kerjasama juga akan mendukung peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) UPNV YK, terutama IKU nomor 6 berupa kerja sama dengan mitra kelas dunia," kata Rukmowati.

Selain Rukmowati, kunjungan ini juga dihadiri oleh Dra. Kussudjaniatun, MSi. (Wakil Dekan 2 FEB UPNV YK), Dr. Zuhrohtun., S.E., M.Si. (Ketua Jurusan Akuntansi), Dra. Ec. Sri Luna M., M.Si. (Koorprodi Akuntansi Program Sarjana), Dr. Diah Lufti, M.Si. (Koorprodi Ilmu Ekonomi Program Magister), dan Dr. Purbudi Wahyuni, M.Si. (Koorprodi Manajemen Program Sarjana).

Kunjungan Tim UPNV YK diterima oleh Head of Office International Affairs Ankara University Turki, Prof. Onur Hosnut. Dia menjelaskan berbagai program yang akan dikerjasamakan dengan UPNV YK.