MAKSIMALKAN HASIL PENELITIAN, UPNV YK LAKUKAN KOLABORASI INTERNASIONAL

  • Jumat 28 Oktober 2022 , 02:20
  • Oleh : Dewi
  • 1332
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) menggelar Seminar Internasional Hasil Penelitian Tahun 2022, Selasa (25/10/2022). Seminar ini digelar sebagai wujud keseriusan UPNV YK dalam mendorong dan memaksimalkan hasil penelitian.

Rektor UPNV YK, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si mengatakan banyak tantangan yang dihadapi dunia saat pandemi. Banyak kebiasaan hidup yang berubah, tapi ini bukan alasan untuk menyerah. Sumbangan pengetahuan pada dunia harus terus didorong melalui berbagai penelitian.

Salah satu yang perlu disadari kerjasama multidisipliner sangatlah penting. Dengan melibatkan semua sektor pengetahuan bisa mendorong inovasi, penelitian, hingga memecahkan masalah-masalah yang terjadi saat ini.

"Kami memfasilitasi kolaborasi internasional, melakukan pertukaran pengetahuan, mempromosikan aplikasi teknologi untuk masa depan yang lebih baik dalam mendukung kehidupan yang berkelanjutan," ucapnya.

Menurutnya UPNV YK menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi penyebaran penelitian interdisipliner. Seminar ini akan menarik calon sarjana, peneliti dari Indonesia dan luar negeri berkumpul di sini dan membangun kerjasama.

"Melalui kesempatan ini akan terjalin kemitraan jangka panjang, baik dalam domain domestik dan internasional."

Seminar ini setidaknya akan mencakup tiga program seperti konferensi penilitian rekayasa dan teknologi, penelitian lanjutan di sektor pertanian dan pangan, lalu pemanfaatan ilmu sosial dan ekonomi pasca pandemi.

Ketua LPPM UPNV YK, Dr. Hendro Widjanarko, SE., MM mengatakan ada lima skema penelitian di UPNV YK, diantaranya riset untuk dosen pemula, riset dasar, penelitian terapan, penelitian klaster, hingga penelitian kelembagaan.

Melalui seminar ini LPPM ingin mengenalkan skema penelitian dengan tujuan akhir mendorong proses hilirisasi. Diharapkan seminar ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi semua pihak.

"Skema penelitian kami adalah untuk mendorong proses hilir. Melalui hilirisasi kebermanfaatan dari penelitian lebih mudah diterapkan," ungkapnya.

Sekretaris LPPM Dr Suranto MT berharap melalui kerjasama ini bisa belajar ide baru dan pengalaman satu sama lain. Bisa mendorong penelitian lebih jauh lagi, sehingga bisa berkontribusi di masa depan.

"Mari sama-sama berkumpul hari ini untuk saling menghargai, dan rayakan semangat pemberdayaan ilmu pengetahuan."