UPNVY AJAK MAHASISWA PEDULI LINGKUNGAN DI HARI SUMPAH PEMUDA

  • Jumat 28 Oktober 2022 , 01:34
  • Oleh : Dewi
  • 1140
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_28 Oktober selama ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Berbagai pihak berupaya untuk memperingatinya dengan berbagai macam cara. Tak hanya upacara, pemaknaan pun dilakukan untuk mengenang semangat pemuda Indonesia berjuang untuk kemerdekaan.

Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) mengajak para mahasiswa untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar di hari Sumpah Pemuda. Selain itu, ini juga jadi aksi nyata UPNVY wujudkan green campus.

"Ini merupakan awal dari sesuatu yang sudah kita komitmenkan sejak awal yaitu kampus hijau," ujar Wakil Rektor 3 UPNVY, Singgih Saptono, di sela kegiatan Clean Up Day, Jumat (28/10/2022).

Ia mengungkapkan bahwa UPNVY secara rutin menggalakkan program go green untuk mewujudkan green campus. Di tahun 2019 lalu, kampus bela negara ini berkomitmen untuk meniadakan plastik di area kampus.

Kelak, akan ada berbagai kegiatan maupun program untuk mewujudkan UPNVY menjadi green campus. Singgih mengajak para mahasiswa untuk turut terlibat aktif dalam upaya ini.

"Ini komitmen temen-temen mahasiswa sebagai kampus bela negara sekaligus green campus. Harapannya ini sustaian terhadap komitmen sebagai green campus dan kampus bela negara," tegasnya.

Seorang mahasiswa Teknik Perminyakan, Rofiq Maulana, mengungkapkan bahwa ada 2 kegiatan bertema lingkungan di bulan Oktober ini. Pada 24 Oktober 2022 kemarin, mereka telah memulai bank sampah. Ini mendorong mahasiswa untuk memilah dan mengolah sampah yang ada.

Bertajuk Clean Up Day, kegiatan yang digelar di hari Sumpah Pemuda ini mengajak mahasiswa dan segenap civitas akademika untuk peduli pada lingkungan hidup. Menurutnya, kegiatan ini cukup sederhana yaitu bersih-bersih area kampus.

"Kita kan mahasiswa, pemuda-pemuda, jadi pemuda harus peduli dengan lingkungan terutama di kampus. Semua mahasiswa diharapkan punya peduli lebih pada lingkungan hidup. Tak hanya di lingkungan kampus tetapi juga lingkungan masyarakat," katanya.